Yuk Intip Cara Kak Seto Jaga Tulang Agar Tidak Rapuh!

Di usia 70 tahun, Kak Seto masih tampak bugar, sehat, bahkan awet muda. Apa resepnya? (detikcom/Grandyos Zafna/CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Di usia yang senja, memiliki tubuh bugar serta tulang sehat, dan juga terhindar dari penyakit osteoporosis menjadi harapan seluruh orang. Tentu saja Anda ingin melewati usia tua dengan damai tanpa memiliki banyak masalah kesehatan, salah satunya nyeri punggung atau sakit persendian.

Senyuman dan tawa dari cucu yang berada di pangkuan atau gendongan Anda mungkin menjadi bayangan Anda di masa tua kelak. Namun kenyataannya, hal tersebut bisa dinikmati seperti yang dilalui oleh psikolog anak Seto Mulyadi atau akrab dikenal dengan Kak Seto. Di usianya yang menginjak 70 tahun, Kak Seto masih terlihat bugar, sehat, bahkan awet muda. Apa rahasianya?

“Saya tahun depan sudah 17 tahun tapi dibalik, 71 yah berarti,” kata Seto berseloroh di tengah kegiatan webinar ‘Perjalanan Menuju Tulang Sehat Dimulai Sekarang’, Dalam Rangka Hari Osteoporosis Sedunia, Selasa (19/10).

Dia kemudian mengatakan, bukan hal yang sulit mendapatkan tubuh sehat, bugar dan terhindar dari penyakit tulang saat memasuki usia senja. Seto mengaku rutin berolahraga, bukan hanya beberapa kali setiap minggu, tetapi setiap dia memiliki kesempatan.

“Saya selalu bergerak, mau itu naik turun tangga, lari-lari, loncat-loncat, menyapu seluruh rumah, apa saja, bahkan saya rutin push-up setiap hari,” katanya, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (20/10).

Baca Juga :  9 Cara Mencegah Diabetes Seperti yang Pernah Diderita Omas

Push-up 80 kali sehari
Seto mengaku, hidup aktif adalah bagian dari dirinya. Sejak kecil dia terkenal tak bisa diam. Apa saja dilakukan, bahkan di usia mudanya dia senang memanjat pohon hingga atap rumah.

“Jadi saya tuh energinya tinggi, makanya aktivitas terus, naik ke genting rumah. Loncat-loncat, kadang juga saya membenarkan genting,” kata Seto.

Karena terlalu aktif, orang tuanya berinisiatif menyalurkan energinya ke hal lain. Salah satunya dengan rutin mengajak olahraga dan melakukan kegiatan seni, yakni menari.

“Saya ikut berbagai macam kegiatan olahraga, dari mulai silat, kungfu, sampai lari. Di usia 9 tahun saya sudah kuat lari 3 sampai 4 kilogram. Saya juga ikut kegiatan menari, paling senang saya jadi raksasa, bisa lompat-lompat sampai koprol,” tutur Seto.

Untuk saat ini, Seto pun tetap melakoni sejumlah kebiasaan dan gaya hidup sehat. Dia bahkan menambahkan menu olahraga lain yang wajib dilakukan setiap hari yakni push up 80 kali non stop yang dia lakukan setiap pagi.

“Saya push up tiap hari, 80 kali nonstop. Kalau cuaca hujan saya juga tambah aktivitas lompat-lompat 50 kali. Saya juga rutin senam, kadang ikuti gerakan Jackie Chan,” katanya.

Baca Juga :  Hereditary dan Film Horor Terbaik Bikin Merinding

Dengan banyak bergerak, Seto mengaku merasa lebih sehat. Dia juga lebih terlihat awet muda. Namun hal yang paling dia rasakan adalah sangat jarang sakit atau terkena masuk angin.

“Ini sudah jadi kebiasaan. Saya jarang sekali masuk angin. Pikiran juga lebih segar dan jadi lebih produktif,” kata dia.

Meski demikian, Seto juga menyebut ada kegiatan olahraga ringan yang bisa dia lakukan. Salah satunya dengan lebih banyak berdiri daripada duduk saat berkegiatan. Hal ini juga bisa melatih dan memperkuat otot kaki sehingga tidak mudah pegal dan kram. Dia juga rutin berjalan santai dan naik turun tangga.

“Kalau yang ringan ya itu, berdiri dan jalan kaki. Untuk makanan saya tidak ada yang khusus, cukup mengonsumsi sayuran, buah dan banyak minum air putih, empat sehat lima sempurna,” kata dia.

Selalu menerapkan prinsip GEMBIRA
Selain berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, Seto juga tak pernah lepas dari prinsip hidup GEMBIRA yang telah diterapkan sejak lama. Gembira bukan hanya tertawa, tetapi merupakan akronim dari prinsip hidup yang dia jalani.

  1. Gerak
    Seto mengatakan, bergerak adalah kunci utama hidup sehat. Bukan hanya osteoporosis, dengan banyak bergerak penyakit apapun bisa dicegah.
Baca Juga :  BlackRock, Malware Pencuri Data di Instagram Hingga TikTok

“Jangan mager, gerak apa saja, mau olahraga, nyapu, apapun,” katanya.

  1. Emosi cerdas
    Mengatur emosi adalah hal yang harus dilakukan. Mengelola emosi dengan cerdas bukan berarti Anda tak boleh marah atau mengeluarkan perasaan. Ini kata dia berkaitan dengan cara meluapkan emosi.

“Marah boleh tapi tidak melempar piring, memaki. Tapi ungkapkan saja baik-baik. Sampaikan dengan cara yang tidak merusak hubungan,” lanjut Seto.

  1. Makan dan minum yang berkualitas
    Apa yang dikonsumsi memang memengaruhi tubuh dan pikiran. Pilihlah makanan yang berkualitas dan sehat demi menjaga kesehatan tubuh.
  2. Bersyukur
    Selalu bersyukur atas apa yang dimiliki. Selain itu, berdoa dan beribadah juga menjadi kunci kehidupan yang lebih baik.
  3. Istirahat
    Jangan lupa untuk meluangkan waktu agar bisa beristirahat. Istirahat tak hanya soal fisik tapi juga berkaitan dengan pikiran.
  4. Rukun
    Menjalani hidup rukun dengan keluarga, teman atau bahkan tetangga. Ingatlah bahwa satu musuh terasa banyak, seribu teman terasa kurang.
  5. Aktif Berkarya
    Lakukan apa yang disukai, membuat penelitian, menulis lagu, melakukan kegiatan sosial. Menyeimbangkan hidup dengan apapun yang disukai.

“Semuanya bisa disingkat GEMBIRA. Itu yang bisa membuat kita terlihat muda di usia emas. Awet muda ya,” ujar Seto.

(tst/agn/cnni/mg7/mg1/jon/nmp)

artikel Pilihan