Wow… Gadis 19 Tahun Terbangkan Pesawat Keliling Dunia

Gadis berdarah Inggris-Belgia berusia 19 tahun telah memulai penerbangan solo keliling dunia untuk memecahkan rekor. (REUTERS/YVES HERMAN/CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Pilot wanita berusia 19 tahun, Zara Rutherford, memulai perjalanan selama tiga bulan pada hari Rabu (18/8) waktu Belgia, untuk menjadi wanita termuda yang terbang solo keliling dunia.

Rutherford berangkat dari Bandara Kortrijk-Wevelgem di barat Belgia dengan Shark ultralight-nya, pesawat microlight tercepat di dunia.

Pilot berdarah Inggris-Belgia ini berharap perjalanannya akan mendorong lebih banyak kaum perempuan untuk belajar dan bekerja di bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika), dan memicu minat anak perempuan dalam industri penerbangan.

Baca Juga :  Ikan Bergigi Manusia Ini Diklaim Rasanya Enak

“Saat tumbuh dewasa, saya menyukai penerbangan dan STEM – sains, teknologi, teknik, dan matematika, tetapi saya tidak melihat banyak gadis lain melakukan itu. Saya selalu berpikir itu cukup menyedihkan atau mengecewakan,” kata Rutherford kepada REUTERS, dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (20/8).

“Saya berharap saya bisa mendorong anak perempuan untuk terjun ke bidang ini.”

Rutherford sedang berusaha untuk memenangkan gelar dari Shaesta Wais, yang menjadi wanita termuda yang terbang solo keliling dunia pada usia 30 tahun. Pemegang rekor pria termuda, Mason Andrews, berusia 18 tahun ketika dia melakukan perjalanan tersebut.

Baca Juga :  Bank Dunia Ramal Ekonomi RI Tumbuh 4,4 Persen Tahun Ini

Rute Rutherford akan memakan waktu sekitar tiga bulan, dengan pemberhentian di 52 negara – termasuk Greenland, China dan Nikaragua – di mana dia akan tinggal bersama keluarga setempat atau di hotel.

Lahir dari orang tua yang sama-sama pilot, Rutherford akan mulai kuliah tahun depan, dengan mimpi menjadi astronaut. “Saya suka petualangan, dan saya pikir luar angkasa mungkin adalah petualangan terbesar di luar sana,” pungkasnya.
(REUTERS/ard/mg7/cnni/ley/nmp)

Pilihan Pembaca