Workshop SMP Negeri 6 Malang: Imajinasi, Kunci Mudah Karya Literasi

PEMBUKAAN: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana, SE., MM, Kepala SMPN 6 Malang, Risna Widyawati, S.Pd dan Aulia Kusumastuti S.Psi dalam pembukaan workshop literasi, akhir pekan lalu.

NEW MALANG POS, MALANG – Siswa-siswi SMP Negeri 6 Malang mendapat suntikan motivasi untuk semakin giat menulis. Mereka mendapat bimbingan dan pengajaran langsung dari Mariska Lubis, penulis ternama yang merupakan Founder of Tinta Emas.

Dalam sebuah kegiatan Workshop Literasi, Sabtu (25/9) lalu, Mariska membagikan kiat agar siswa mudah menulis. Workshop tersebut diselenggarakan oleh Tinta Emas bekerjasama dengan SMPN 6 Malang. Dengan satu program Satu Buku Satu Sekolah, ending dari workshop ini para peserta diminta untuk menghasilkan sebuah karya buku.

Koordinator Acara, Aulia Kusumastuti S.Psi mengatakan, sebelum menulis para peserta diminta untuk berimajinasi. Hasilnya dijadikan sebuah tulisan dengan tema ‘Aku Ingin Hebat’. “Nantinya buku dari kumpulan tulisan peserta dikirimkan kepada Presiden. Jadi acara ini targetnya tidak main main,” katanya.

Baca Juga :  New spirit dosen Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP Unmer Malang.

Workshop tersebut diikuti sebanyak 32 siswa yang memiliki bakat literasi. Mereka merupakan siswa pilihan dari setiap jenjang kelas. Dalam pelatihan tersebut, para siswa diyakinkan bahwa menulis itu mudah. Mariska Lubis memberikan satu kunci mudah. Yaitu imajinasi. “Kata kuncinya dengan imajinasi, Bu Mariska Lubis mengajak mereka untuk berimajinasi kemudian ditulis,” terang Auliya.

Salah satu siswa bernama Daaniyah Aleta Akma merasa senang dapat mengikuti workshop literasi. Ia menemukan satu sisi menarik ketika diminta untuk berimajinasi. “Saya senang dengan literasi, pelatihan ini memberikan satu tambahan ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya untuk bisa menulis lebih kreatif lagi,” katanya.

Baca Juga :  Dari Gemar Menulis Hingga Jago Puisi

Kepala SMPN 6 Malang, Risna Widyawati, S.Pd menyampaikan terimakasih atas kepercayaan Media Tinta Emas yang telah menunjuk SMPN 6 sebagai salah satu sekolah dalam program literasinya. Satu Sekolah Satu Buku akan menjadi motivasi besar bagi siswa dan guru untuk membuat satu karya hebat. “Kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan besar ini, semoga anak-anak kami semakin termotivasi,” ucapnya.

Menurutnya, kepercayaan itu menjadi satu modal yang berharga untuk semakin menggiatkan program literasi di SMPN 6 Malang. Sesuai dengan program pemerintah, yakni Gerakan Literasi Sekolah (GLS). “Harapan kami setelah mendapatkan bimbingan dari Ibu Mariska Lubis, keterampilan anak-anak semakin terasah. Semoga dalam waktu satu bulan sudah dapat menyelesaikan karyanya,” ujar Risna.

Baca Juga :  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Resmikan Gedung KH. Bisri Mustofa

Kegiatan workshop ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana, SE., MM. Ia turut berikan sambutan dan motivasi. “Menulis itu penting. Kalian harus punya karya sebagai kebanggaan dan nilai lebih,” katanya kepada para siswa. (sir/ae2/imm/udi)

artikel Pilihan