Waspada Kelelahan Berdampak Buruk, Ini 5 Tandanya

8
Foto: Rambut rontok menjadi salah satu tanda kelelahan (iStockphoto/Doucefleur/CNN Indonesia)

Malang, NewMalangPos – Setiap orang bisa merasa lelah dari waktu ke waktu, dan biasanya ada beberapa penyebab. Itu mungkin karena Anda begadang di malam hari, atau menghabiskan waktu berjam-jam di tempat kerja. Tetapi, pada beberapa orang mungkin merasa lelah sepanjang waktu tanpa alasan yang jelas.

Melansir dari CNN Indonesia, Jumat (19/3), berikut tanda kelelahan yang bisa menjadi masalah serius dan patut diwaspadai.

  1. Perubahan berat badan

Anda mungkin perlu memperhatikan beberapa perubahan pada nafsu makan Anda saat anda merasa kelelahan. Tubuh dapat memicu keinginan akan gula lebih sering saat merasa lelah. Jenis makanan kaya energi ini menyediakan karbohidrat dan kafein dengan cepat, yang menyebabkan kenaikan berat badan dalam jangka panjang.
Beberapa orang mungkin juga menemukan bahwa kelelahan menyebabkan nafsu makan berkurang, yang kemudian menyebabkan penurunan berat badan.

  1. Perubahan mood

Menurut ahli nutrisi bioniq, Clarissa Lenherr, kelelahan mungkin memicu perubahan suasana hati Anda yang tidak kentara. Merasa lelah dapat meningkatkan emosi dan respons, yang selanjutnya dapat memengaruhi suasana hati Anda secara keseluruhan.

“Saat kita lelah, kita memiliki lebih sedikit energi untuk menanggapi pemicu stres, yang dapat menyebabkan peningkatan emosi dan respons. Jika Anda menyadari perasaan ini telah berlangsung lebih dari sebulan, saya sarankan untuk menghubungi dokter umum setempat Anda.”

  1. Brain fog atau kabut otak

Kelelahan serius juga dapat menyebabkan kebingungan. Anda mungkin merasa lebih sulit untuk berpikir atau fokus. Anda harus mempertimbangkan berkonsultasi dengan dokter jika kabut otak Anda berlangsung lebih dari beberapa minggu.

  1. Perubahan pada kulit dan rambut

Anda mungkin menemukan bahwa kulit menjadi lebih kering, rentan berjerawat dan rambut mulai rontok.
“Jika kelelahan Anda terkait dengan stres, ini dapat menyebabkan kelelahan pada kelenjar adrenal yang menghasilkan banyak hormon seks kita. Perubahan hormon seks, khususnya DHEA dan testosteron, dapat menyebabkan perubahan dalam pertumbuhan rambut,” tambah Clarissa Lenherr.

  1. Kesulitan tidur

Tanda kelelahan lainnya adalah kesulitan tidur. Meskipun Anda mungkin merasa lelah, beberapa orang justru mengalami kesulitan untuk tidur. Biasanya dianjurkan untuk tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap malam, tetapi kelelahan dapat membuat Anda tetap merasa lelah saat bangun. “Ini dapat menyebabkan stres, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi tingkat energi dan suasana hati Anda.”

Jika Anda merasa sulit untuk tertidur, Lenherr memberikan beberapa saran agar tidur lebih optimal, di antaranya menghindari kafein terlalu larut dan mengurangi penggunaan elektronik di malam hari. (agn/cnni/mg3/ley/nmp)