Warga Ungkap Fakta Ritual Padepokan Tunggal Jati Nusantara

Tangkapan layar saat ritual pengobatan di Padepokan Tunggal Jati Nusantara Jember. (Foto: Bambang Sugiarto/iNews.id).

Malang Posco Media – Video ritual pengobatan padepokan Tunggal Jati Nusantara viral di media sosial. Dalam video tersebut juga terlihat beberapa orang yang ikut menjadi korban ritual maut di Pantai Payangan Jember.

Dilansir dari iNews.id, Selasa (15/2), video amatir itu beredar luas di masyarakat dua hari setelah tragedi. Terlihat pemimpin padepokan duduk mengenakan blankon di hadapan puluhan jemaahnya, dan memberi wejangan.

Dalam video tersebut juga terlihat sang guru sedang mengobati perempuan yang diduga terkena gangguan gaib dengan memegang kepalanya. Ia kemudian terlihat berkomunikasi dengan pasien tersebut dan kembali membaca bacaan-bacaan tertentu untuk kesembuhan pasien.

Baca Juga :  Lima Jenazah Laskar FPI Sudah Dimakamkan di Megamendung

Selanjutnya, si pasien diminta bersujud kepada ibunya untuk meminta maaf atas segala kesalahan. Ritual tersebut juga menyertakan sesajian berupa makanan, kue kue, serta bunga. Tidak diketahui, apakah setelah prosesi penyembuhan tersebut sang pasien alami kesembuhan atau tidak.

Tetangga Nur Hasan, Arianto membenarkan bahwa video itu diambil di padepokan milik Nur Hasan. Namun, menurut Arianto, itu merupakan video lama. Dia menduga video diambil oleh salah satu pengikutnya hingga viral di media sosial.

Arianto mengatakan, umumnya jemaah yang ikut ritual di padepokan tersebut berasal dari luar daerah.

Baca Juga :  Sandiaga Ngantor di Bali, Bawa 3 Program Pulihkan Pariwisata

“Kalau dari ini nggak ada. Kami tidak mengizinkan. Nggak tahu kenapa masih berlangsung,” jelasnya.

Ritual pengobatan biasanya dilakukan pada malam hari. Meski begitu dia tidak mengetahui isi maupun prosesi dalam ritual tersebut.
(ihya/inews/mg1/jon)

artikel Pilihan