Wajib Nganem!

foto: Stenly/NMP

Solo, NewMalangPos – Arema FC dan Tira Persikabo saling berjibaku di laga perdana Piala Menpora 2021, Minggu (21/3) sore ini. Tidak sekadar sebagai laga pembukaan, pertandingan yang dihelat di Stadion Manahan Solo ini menandai semangat baru setelah vakumnya kompetisi karena pandemi Covid-19.

Para penggawa Singo Edan wajib habis-habisan. Harus mendapatkan start mulus untuk menambah percaya diri menghadapi turnamen pramusim ini.

Arema FC sudah siap melakoni laga. Persiapan telah dilakukan dan terhitung ideal, karena Dendi Santoso dkk mulai berlatih Februari lalu. Memang ada sejumlah nama yang baru bergabung, akan tetapi tim pelatih menegaskan tidak ada masalah.

“Alhamdulillah persiapan lancar-lancar saja. Insya Allah, kita latihan dan siap capek untuk turnamen,” ujar Asisten Pelatih Arema FC Kuncoro.

Ia mengatakan, timnya mematok target maksimal di Piala Menpora 2021 ini. Sebab, menurutnya, target harus ditancapkan setinggi mungkin. “Intinya target tetap tinggi. Kita berjuang maksimal, dan capai setinggi mungkin.  Intinya sebagai pelatih, saya bilang tadi target ya harus tinggi dan target tadi sudah dibarengi dengan persiapan,” jelas pria asal Gondanglegi ini.

Baca Juga :  Jadwal Final Piala Liga Inggris

Dia menuturkan, timnya sudah siap melawan Tira Persikabo. Menurutnya, tim Arema FC telah  berlatih bertahan dan menyerang sebaik mungkin demi target kemenangan. “Insya Allah juara,” tegas dia.

Hanya saja, Kuncoro juga harus waspada. Sebab, laga perdana tidaklah mudah. Tim harus meraba-raba gaya main, hingga karakteristik lawan. Belum lagi, Tira Persikabo adalah lawan yang tricky atau sulit ditebak bagi Tim Arema.

Sebagai pengecualian adalah laga perdana di Liga 1 tahun 2020, Laskar Padjajaran ini kerap menyulitkan. Apalagi, setiap kali Arema FC berstatus tuan rumah. Di musim 2019 Arema FC kalah 1-2 di Stadion Gajayana, lalu di 2018 dan 2017, harus bermain imbang.

Sebaliknya, Arema FC dua kali menang ketika bermain away atau di tempat netral. Yakni 2020 lalu di Stadion Pakansari Cibinong ketika menang 2-0 dan 2018 menang tipis 1-0 saat bermain di Bantul.

Baca Juga :  Salah Sasaran, Gerebek Kamar Kolonel TNI AD

Namun ia juga tidak mau timnya tergelincir karena terlalu jemawa lantaran rekor-rekor tersebut. “Tira Persikabo ini tim yang bagus. Jadi kami tetap harus waspada. Cuma kami harus optimis,” tambahnya.

Sejatinya Arema FC harus memanfaatkan momen laga pembuka ini. Pasalnya, tim lawan Tira Persikabo tidak begitu percaya diri memulai turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Hal ini terlihat dari pengakuan Pelatih Igor Kriushenko. Ia mengakui buta dan menggeneralisasi bahwa tiga tim lainnya, yakni Arema FC, Barito Putera dan PSIS Semarang adalah tim yang kuat.

“Saya belum mengetahui lebih detail kekuatan tim-tim yang satu grup dengan kami. Akan tetapi, kami harus menghormati, dan respek untuk tim lawan,” kata Igor Kriushenko.

Dia menekankan timnya tidak memandang remeh tim lain. Semua disebut sebagai tim yang setara dan tangguh. “Kami tidak boleh memandang rendah tim lawan. Kami menganggap mereka tim-tim yang tangguh, sama semua,” terang dia.

Baca Juga :  Tol Kepanjen Sesuai Janji Jokowi

Selain itu, Igor juga angkat suara mengenai kans timnya menjuarai Piala Menpora 2021. Ternyata, ia enggan memasang target muluk-muluk. “Yang jelas berbicara juara tidak dapat ditentukan di awal ya. Yang penting kami harus bekerja keras di setiap pertandingan,” imbuh Igor.

Ia mengakui timnya harus siap dengan jadwal padat sekalipun hanya agenda pramusim. Termasuk mendapati format baru bila lolos mencapai final. “Pastinya dengan format baru ini jadi tantangan bagi Persikabo karena jadwal yang padat kita harus siapkan fisik pemain secara bagus. Sebuah tantangan besar,” ujar Igor dalam konferensi pers, Sabtu (20/3) kemarin.

Meskipun begitu, dia tidak ingin berpikiran terlalu jauh. Karena yang terpenting adalah membawa Tira Persikabo lolos dari fase grup. “Namun, yang paling utama kita harus lolos grup dulu untuk melihat bagaimana kondisi berikutnya. Setelahnya baru kita bisa menilai soal format baru ini,” tutur Igor. (ley/van)