Unmer Malang Gelar Wisuda Secara Daring dan Luring

NEW MALANG POS, MALANG – Universitas Merdeka (Unmer) Malang mengukuhkan sarjana baru, wisuda semester gasal tahun akademik 2019/2020, dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa. Prosesi wisuda itu di lakukan secara daring dan luring selama dua hari 17-18 Oktober kemarin.

Rektor Unmer Malang Prof Dr Anwar Sanusi SE M.Si mengukuhkan secara langsung sebanyak 626 wisudawan dan wisudawati dari program Diploma III (D3), Strata Satu (S1), Magister (S2).

 Prof Dr Anwar Sanusi SE,. M.Si menyampaikan, wisudawan ini mahasiswa yang telah mengikuti yudisium pada Maret lalu. Karena pandemi Covid-19, Unmer Malang mengatur ulang jadwal wisuda yang sebelumnya dilaksanakan April, berubah menjadi Oktober.

“Penyelenggaraan wisuda tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Wisuda tahun ini diadakan dengan skema luring dan daring. Wisudawan dapat memilih salah satu cara prosesi acara dari kedua skema itu,” kata Prof Anwar, sapaan akrabnya kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  Mahasiswa Unitri Lolos Pendanaan IRN 2020-2021

Prosesi wisuda via daring diikuti mahasiswa dari seluruh program studi dengan aplikasi zoom pada Sabtu (17/10). Meskipun para wisudawan berada di rumah, namun tidak mengurangi semangat dan khidmatnya suasana wisuda.

Sedangkan wisuda luring diikuti 270 mahasiswa dari 626 mahasiswa. Mengangkat konsep Walk Thru, secara resmi mereka mendapat ucapan selamat wisuda secara langsung dari seluruh pejabat struktural, Minggu (18/10) kemarin. Protokol kesehatan wajib di patuhi wisudawan, seperti menggunakan masker atau face shield, pengecekan suhu tubuh dan menjaga jarak antar undangan.

Baca Juga :  PPDB SMKN Bikin Panik

Prof. Dr. Anwar mengingatkan, saat ini wisudawan diharapkan menjadi sumber daya manusia baru. Hal itu diwujudkan dengan mindset dan cara memecahkan masalah sesuai dengan tantangan di era digitalisasi.

“Dengan melihat kenyataan obyektif tersebut, profesi atau bidang kerja baru dengan ciri kreativitas, inovasi, sistem digitalisasi, jiwa enterpreneur, dan penguasaan soft skill berkembang menjadi tuntutan generasi milenial,” terang guru besar Ekonomi Unmer Malang itu.

Semantara itu, Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI. Widodo Iryansyah, S.Sos., MM mengucapkan selamat kepada wisudawan yang telah selesai menempuh pendidikan di Unmer Malang. Dirinya berpesan agar wisudawan Unmer Malang mampu memberikan kontribusi yang berharga di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

Baca Juga :  Pandemi Tak Padamkan Semangat Siswa Sabilillah Penuh Cinta

“Wisudawan Unmer Malang harus memiliki semangat dan rasa percaya diri tinggi untuk bersaing dalam kancah global,” ucapnya melalui virtual.

Lebih lanjut, dalam pengukuhan wisuda periode 2019-2020 ini, mahasiswa Fakultas Hukum, Triwahyu Adhi Sulthon asal Sampang, Madura menjadi lulusan terbaik. Dirinya berhasil meraih gelar pamuncak dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,95.

Adhi, sapaan akrabnya mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran sivitas akademika Unmer Malang. Menurutnya, menempuh studi di Unmer Malang banyak memberikan pengalaman yang membentuk karakter secara positif. “Kedisiplinan adalah faktor utama yang menjadi dasar bagi saya untuk menyelesaikan perkuliahan tepat waktu,” ucapnya. (gim/aim)