Unjuk Rasa, Nakes Polandia Tuntut Naik Gaji dan Potong Jam Kerja

Ilustrasi tenaga kesehatan di Polandia dalam menghadapi pandemi Covid-19. (AP Photo/Czarek Sokolowski/ CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Sejumlah tenaga kesehatan di Polandia nekat berdemo demi menyampaikan aspirasinya dengan tuntutan  agar pemerintah menaikkan gaji dan memperbaiki aturan kerja yang selama ini dinilai semakin mempersulit mereka dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Seperti dilansir Associated Press, para tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, fisioterapis hingga teknisi laboratorium berdemo di Ibu Kota Warsawa. Mereka mendesak pemerintah untuk memangkas jam kerja yang terlampau panjang serta menambah jumlah tenaga kesehatan.

Mereka beralasan hal itu demi melindungi pasien dan juga kondisi kesehatan para tenaga kesehatan.

Baca Juga :  Adolf Hitler yang Memenangkan Pemilu Lokal di Namibia

Sambil meneriakkan berbagai slogan, para tenaga kesehatan di Polandia juga membawa sejumlah spanduk yang berisi aspirasi dan protes.

Dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (12/9), koordinator aksi sempat menggelar mengheningkan cipta buat menghormati para tenaga kesehatan yang gugur saat menangani Covid-19.

Sektor layanan kesehatan di Polandia memang kurang mendapat porsi subsidi yang cukup dari pemerintah. Akibat gaji yang rendah membuat para tenaga kesehatan di negara itu memilih bekerja di negara anggota Uni Eropa lainnya.

Menteri Kesehatan Polandia, Adam Niedzielski, menyatakan dia siap berdialog dengan para pedemo buat mencari jalan keluar. Namun, dia mengatakan negara tidak bisa mengabulkan seluruh permintaan para tenaga kesehatan. (ayp/cnni/mg9/jon/nmp)

Pilihan Pembaca