Uji Coba Tampilan Baru Twitter yang Mirip Instagram

Twitter menguji tampilan baru foto dan video yang ada di media sosial itu jadi mirip Instagram. Twitter menguji tampilan baru foto dan video yang ada di media sosial itu jadi mirip Instagram. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono/CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Uji coba tampilan baru Twitter minggu ini yang membuat tampilan platform media sosial tersebut  mirip dengan Instagram.

Fitur yang tengah mereka uji ini disebut gambar dari ujung ke ujung (edge-to-edge images). Dengan fitur ini, tak ada lagi bingkai yang membatasi gambar dengan pinggiran layar smartphone  pengguna.

Fitur ini akan berlaku untuk gambar individu maupun beberapa gambar yang dikumpulkan dalam galeri. Uji coba ini akan dilakukan untuk perangkat Apple dengan sistem operasi iOS terlebih dulu.

Baca Juga :  Bahaya Tinggalkan Korek Gas di Mobil, Dasbor dan Kaca Hancur

Perubahan ini baru bisa diakses oleh segelintir penggun iOS. Jika fitur ini bisa meluncur di perangkat iOS, maka bukan tak mungkin fitur yang sama juga akan muncul untuk aplikasi Android.

Fitur ini tidak hanya akan berlaku untuk tampilan foto, tapi juga untuk GIF dan video, seperti dikutip CNN Indonesia, Kamis (9/9). Twitter memberikan gambaran bagaimana fitur edge-to-edge teranyar mereka lewat akun resmi.

[Gambas:Twitter]

Twitter menyebut perubahan ini dilakukan agar layanan media sosial itu bisa memberikan dukungan yang lebih baik bagi pengguna ketika melakukan percakapan berbasis visual dan teks.

Baca Juga :  7 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan, Alpukat sampai Ubi

Perubahan ini juga menjawab permasalahan terpotongnya gambar yang menjadi masalah dalam beberapa tahun belakangan di Twitter.

Pasalnya algoritme pemangkasan gambar di Twitter secara tak sengaja memiliki bias terhadap wajah dengan kulit putih. Hal ini telah dikonfirmasi Twitter pada awal tahun ini.

Twitter telah berusaha untuk mengatasi masalah itu dengan menghilangkan fungsi pemotongan foto. Tapi, fitur edge-to-edge baru sepertinya menjadi langkah maju yang lebih baik karena Twitter tak perlu lagi memotong foto.

Sebelumnya, Twitter kerap mendapat kritik ketika mengeluarkan desain baru. Ketika dilakukan pencarian untuk pembahasan soal “Twitter baru”, muncul banyak keluhan netizen.

Baca Juga :  PPKM Darurat, Begini Cara Agar Tidak Gampang Stres

Melansir The Verge, mereka mengeluh tata letak baru yang membuat pusing. Selain itu menurut mereka jika tampilan edge-to-edge digunakan untuk menampilkan tangkapan layar (screenshot) cuitan, gambar itu malah tampak seperti cuitan asli.

Hal ini menunjukkan, Twitter mesti melakukan beberapa penyesuaian, sebelum fitur yang tengah dites ini digelontorkan ke semua pengguna.

(eks/cnni/mg8/mg9/ley/nmp)

Pilihan Pembaca