Uji Coba Batal

Rencana uji coba melawan Barito Putera yang akan digelar Senin (16/8) batal digelar.

MALANG, NewMalangPos – Agenda uji coba Arema FC vs Barito Putera yang sejatinya akan digelar di Yogyakarta, Senin (16/8), batal digelar.

Meski kedua tim enggan membeberkan alasan pembatalan itu, regulasi PPKM diyakini menjadi penyebabnya. Padahal, kedua tim tengah menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) di Yogyakarta.

Pembatalan rencana uji coba itu disampaikan langsung oleh Manager Barito Putera Mundari Karya. Menurut dia, rencana tersebut tidak jadi terwujud. Ketika dikonfirmasi alasan soal pembatalannya, Mundari enggan menjelaskannya. “Uji cobanya tidak jadi,” jawab Mundari singkat kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  Main Ngeyel!

Barito Putera sudah berlatih lebih lama daripada Arema FC di Kota Gudeg ini. Anak asuhan Djadjang Nurdjaman telah melakukannya sejak bulan Juli lalu. Tak heran, tim berjuluk Laskar Antasari itu perlu lawan tanding di level yang sama untuk mengetes kemampuan. Kebetulan kedua tim serang berada di lokasi yang sama.

Media Officer Arema FC Sudarmaji tidak membenarkan soal pembatalan dan juga tidak mengonfirmasi bahwa uji coba jadi dilaksanakan.

“Tidak tahu (soal uji coba yang tidak jadi). Kan sekarang PPKM, jadi tidak ada komunikasi terkait itu,” jelas dia.

Baca Juga :  Ternyata Masih Bersaudara, Hubungan Antara Mujiono dan Thoyib

Pelatih Arema FC Eduardo Almeida juga memberikan konfirmasi yang sama. Sebagai juru taktik yang merancang program bagi tim, Almeida memilih tidak berkomentar atas hal tersebut. “Maaf, saya tidak akan menjawabnya,” tutur dia.

Padahal, Almeida sebelumnya menuturkan adanya uji coba di tengah agenda TC adalah hal yang penting. Tanpa uji coba, agenda TC terkesan percuma. Hal itu sama saja seperti latihan rutin secara normal.

“Yang penting dari TC adalah menemukan lawan tanding, bisa saat di tenga-tengah TC atau di akhir TC. Kita tahu menggelar uji coba di masa pandemi sulit. Jadi kalah tidak ada itu, percuma TC. Kita perlu evaluasi dari apa yang sudah dilatih,” ujar pelatih berlisensi UEFA Pro itu beberapa waktu sebelumnya.

Baca Juga :  Dua Mahasiswa UIN Meninggal; Polres Batu Lanjutkan Penyidikan, Pihak Keluarga Korban Asal Bandung Terima Sebagai Takdir

Sebelumnya, Almeida sempat mengadakan empat agenda uji coba. Seluruhnya diraih kemenangan dengan skor besar. Namun, menurut dia, itu belum cukup. Seluruhnya adalah tim yang berada di bawah level Arema FC. Almeida mengatakan perlu menjajal kekuatan lawan dengan level setara. Sempat ada kempatan di Piala Wali Kota Solo, namun pupus karena turnamen itu ditunda. (abr/jon)

Pilihan Pembaca