Tio Pakusadewo Divonis 1 Tahun Penjara Kasus Narkoba

Aktor Tio Pakusadewo divonis 1 tahun penjara terkait kasus narkoba. (Foto: CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

NewMalangPosMajelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Tio Pakusadewo dengan pidana satu tahun penjara atas perkara tindak penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Putusan hakim ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni dua tahun penjara.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Tio Pakusadewo dengan pidana selama satu tahun,” kata Ketua Majelis Hakim Florensani dalam sidang putusan seperti dilansir dari Antara, Selasa (19/1).

Majelis hakim menyatakan Tio terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan satu jenis ganja, sebagaimana disebutkan dalam dakwaan.

Dikutip dari CNN Indonesia, Hakim juga menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh Tio dikurangi dari pidana yang dijatuhkan.

Dalam putusannya, hakim juga mempertimbangkan pembelaan dari kuasa hukum terdakwa yang meminta agar Tio menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Baca Juga: Liga Berhenti, Hitung Utang Benefit ke Sponsor

Namun, pembelaan tersebut tak dikabulkan lantaran barang bukti yang ada di persidangan lebih dari lima gram sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2010.

Dalam fakta persidangan, barang bukti narkotika jenis ganja yang ada pada Tio Pakusadewo setelah ditimbang di laboratorium seberat lebih dari 11,32 gram.

“Hal yang memberatkan, terdakwa pernah dihukum sebelumnya terkait kasus penyalahgunaan narkoba, dan perbuatan terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah dalam perang terhadap narkoba,” kata hakim Florensina.

Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa berlaku sopan di persidangan, mengakui dan menyesali perbuatannya, menyimpan barang bukti untuk digunakan bagi diri sendiri.

Sidang putusan diikuti Tio secara virtual dari rumah tahanan Ditnarkoba Polda Metro Jaya. Hadir di ruang sidang JPU serta tim kuasa hukum, juga pihak keluarga, dan putri ketiga Tio.

Aktor senior Tio didakwa oleh JPU melanggar Pasal 114 ayat (1) subsidair Pasal 111 ayat (1) lebih Subsidair Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Baca Juga : Roland Sumarna Korban Rumah Hanyut, Tulis Misteri Kehidupan dan Kematian di Status FB-nya

Sebelumnya, Tio ditangkap terkait dugaan penyalahgunaan narkoba di kawasan Terogong, Cilandak, Jakarta Selatan pada 14 April 2020.

Tio juga pernah tersandung kasus narkoba saat ditangkap di Jalan Ampera, Jakarta Selatan pada 22 Desember 2017.

Polisi menyita barang bukti berupa 1,06 gram dalam tiga bungkus plastik klip, korek api gas, satu unit telepon seluler, bong, dan cangklong.

Saat itu PN Jakarta Selatan menjatuhkan vonis pidana sembilan bulan rehabilitasi kepada Tio. (antara/psp/CNNI)