Terlilit Hutang, Jukir Sikat Motor

DIAMANKAN: Kapolsekta Blimbing Kompol Hery Widodo ketika menginterogasi tersangka Wiwin Winarno dan memintanya memperagakan aksi pencurian.(IST/Newmalangpos)

NewMalangPos, MALANG-Terlilit hutang membuat orang gelap mata dan nekat melakukan apa saja. Halnya dengan Wiwin Winarno, 27, warga Jalan Teluk Cendrawasih, Kecamatan Blimbing. Juru parkir ini nekat mencuri motor. Imbasnya sejak akhir pekan lalu, Wiwin harus meringkuk di rutan Mapolsekta Blimbing.

“Tersangka kami tangkap ketika hendak menjual motor curiannya. Saat ini kasusnya masih kami kembangkan, apakah ada tindak pidana lain,” ujar Kapolsekta Blimbing Kompol Hery Widodo.

Korban pencurian adalah Rinaminati, 57. Dia pemilik warung makan di area Terminal Arjosari. Motor yang diembat tersangka adalah Honda Beat N-2528-ABF.

Peristiwa pencuriannya terjadi pada awal Januari 2021 lalu. Tersangka timbul niatan mencuri setelah menemukan kunci kontak milik korban yang terjatuh. Namun melancarkan aksinya, tersangka menunggu waktu yang tepat.

Dia mencari celah ketika korban sedang lengah dan sibuk di dalam warungnya. Begitu menemukan waktu yang pas, tersangka langsung beraksi. Dia mendekati motor korban, yang kemudian langsung membawanya kabur.

Korban yang mengetahui motornya hilang, langsung melapor ke Polsekta Blimbing. Berdasarkan laporan itu, polisi langsung melakukan penyelidikan.

Beberapa pekan diselidiki, akhirnya petugas mendapat petunjuk. Polisi melihat ada postingan motor dijual lewat online. Karena melihat motornya mirip dengan milik korban, polisi langsung menyaru sebagai pembeli dan mengajak janjian.

Ternyata tersangka mengiyakan. Akhirnya mengajak janjian di suatu tempat. Begitu tersangka datang dan membawa motor curian, petugas langsung menyergapnya.

“Pengakuannya motor itu akan dijual sebesar Rp 3,5 juta. Uang hasil penjualan alasannya akan digunakan untuk membayar hutang,” jelasnya.

Sementara akibat perbuatannya, tersangka Wiwin dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian. Ancaman hukumannya lebih dari 7 tahun. “Saya baru sekali ini saja mencuri. Itupun karena kepepet sedang butuh uang,” papar tersangka Wiwin.(dj7/agp)