Maling Kotak Amal Kambuh

NMP
VIRAL: Pelaku pencurian kotak amal yang terekam kamera CCTV dan sempat viral di media sosial. (IST/Newmalangpos)

NewMalangPos, MALANG-Masa pandemi yang berlarut lama, membuat orang menghalalkan segala cara untuk mendapat uang. Seperti pencuri kotak amal di Kota Malang yang kembali viral di media sosial (Medsos) sejak beberapa hari terakhir.

Kejadiannya di dalam Masjid Roudlotus Solikin di Jalan Jombang Gang I, Kecamatan Klojen. Pelaku pencurian kotak amal ini, beraksi sore hari pada Rabu (18/12) lalu. Modusnya sama dengan pencuri lainnya, yakni berpura-pura numpang salat.

Iput Pujiono, Takmir Masjid Roudlotus Solikin, membenarkan kejadian pencurian kotak amal itu. Dia yang kali pertama mengetahui uang dalam kotak amal Masjid, habis dijarah pencuri.

“Saya baru mengetahui ada pencurian sekitar pukul 17.00 ketika persiapan salat Maghrib. Saat masuk Masjid, melihat salah satu kotak amal dalam keadaan rusak,” ucap Iput.

Baca Juga: Dewan Desak Bentuk BPPD

Saksi kemudian mencoba melihat rekaman CCTV di sekitar Masjid. Dugaannya benar ada seorang pria yang mencuri. Ciri-ciri pelakunya berkulit gelap, memakai kemeja motif kotak-kotak warna merah dan menggunakan sarung warna biru.

Sebelumnya sekitar pukul 15.30, pelaku masuk ke dalam Masjid. Kemudian berpura-pura salat Ashar bersama dengan jamaah lainnya. Usai salat, dia berpura-pura melanjutkan dzikir.

Namun ketika jamaah lain sudah pulang, pelaku masih tetap bertahan di Masjid. Sampai seluruh jamaah sudah sepi, pelaku lalu melancarkan aksinya.

“Namun sebelumnya pelaku menutupi wajahnya dengan sarung, mungkin karena sadar ada kamera CCTV yang sedang mengawasi,” ujarnya.

Setelah itu pelaku merusak kotak amal dan menguras isinya. Usai berhasil dia keluar Masjid untuk mengawasi kondisi sekitar. Ternyata di luar ada pedagang bakso dan pelaku berpura-pura ikut membeli bakso.

Usai menyantap habis bakso yang dibeli, pelaku kembali masuk ke Masjid. Dia berusaha mencongkel kotak amal kedua. Tetapi upayanya gagal sehingga sekitar pukul 16.20, langsung kabur

Iput mengaku tidak tahu berapa jumlah uang di dalam kotak amal yang dibobol. Namun diperkirakan tidak sampai Rp 1 juta. Kejadian ini juga belum dilaporkan ke pihak berwajib oleh pengurus Masjid.

“Kami jadikan pencurian kotak amal ini sebagai pelajaran. Selanjutnya kami akan lebih memperketat pengamanan di Masjid,” tuturnya.(agp)