Carok Sumawe Bakal Direkonstruksi

BERSAUDARA: Ketiga tersangka carok Sumawe yang masih memiliki hubungan saudara meringkuk di Mapolres Malang. (IPUNK PURWANTO/Newmalangpos)

NewMalangPos, MALANG-Setelah menuntaskan pemeriksaan terhadap tiga pelaku carok asal Dusun Sumbergentong, Desa Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Polres Malang segera menggelar rekonstruksi. Tiga tersangka Thoyib Cs, bakal diminta memperagakan adegan pembunuhan yang menewaskan bapak-anak, Mujiono dan Irwan Ashari.

“Dalam waktu dekat ini, kasus carok di Sumbermanjing Wetan akan kami rekonstruksi,” ucap Kapolres Malang AKBP Hendri Umar.

Rekonstruksi tersebut, lanjut Hendri untuk memudahkan penyidik Satreskrim Polres Malang dalam menentukan arah penyidikan. Sehingga akan jelas bagaimana awal peristiwa itu terjadi. Termasuk urutan kejadiannya juga bisa diketahui.

“Reka adegan ini untuk mengetahui kejadian sebenarnya. Selain melengkapi berkas acara pemeriksaan (BAP), juga mencocokkan keterangan para tersangka dengan peristiwa sebenarnya,” terangnya.

Selain itu, rekonstruksi kasus carok ini sekaligus untuk mengetahui peran masing-masing tersangka. Yakni Thoyib, Samsul Hadi dan Sukarman. Dari ketiga tersangka ini siapa yang berperan menewaskan Mujiono serta anaknya Irwan Ashari.

Sementara itu, untuk lokasi rekonstruksi kemungkinan akan digelar di Polres Malang. Pertimbangannya selain faktor keamanan ketiga tersangka, juga kondisi kesehatan Thoyib Cs masih dalam taraf pemulihan.

Sekadar diketahui, Polres Malang resmi menetapkan Thoyib Cs sebagai tersangka. Bahkan ketiga tersangka carok warga Dusun Sumbergentong, Desa Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan ini, terancam hukuman mati. Mereka bertiga terbukti melakukan perencanaan dalam aksi carok yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Ketiganya yang masih bersaudara adalah Thoyib, 50, Kepala Dusun Sumbergentong, Samsul Hadi, 45, adik kandung Thoyib yang merupakan Ketua BPD Desa Klepu. Dan Sukarman, 62, kakak ipar Thoyib.

Sementara pasal yang dikenakan adalah pasal berlapis. Yakni pasal 340 KUHP juncto pasal 338 KUHP juncto pasal 170 ayat 3 KUHP juncto pasal 351 ayat 3 KUHP sub pasal 55 KUHP.  Yakni tentang pembunuhan berencana.(agp)