Tuntutan Masyarakat Tinggi, e-Government Kabupaten Malang Wajib Update dan Akurat

MENARIK: Widiya Yutanti, dosen Ilmu Komunikasi UMM (paling kiri) menerangkan proses pembuatan konten website yang menarik kepada para operator web di perangkat daerah dan BUMD Pemkab Malang.(MARGA/NEW MALANG POS)

MALANG, NewMalangPos– Sekitar 100 operator website perangkat daerah dan BUMD Kabupaten Malang, diminta memacu kerjanya untuk memberikan informasi melalui konten yang menarik dan update, sesuai dengan keinginan masyarakat. Hal itu, diungkapkan Sekda Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM di acara monev dalam rangka pembinaan pengelolaan web perangkat daerah Kabupaten Malang, Kamis (24/6).

Dalam kegiatan yang digelar di Hotel Sahid Montana Dua ini, ia mengungkapkan bila tuntutan masyarakat di era digital makin tinggi. “Pemkab merespons dengan menggunakan e-Government. Sebagai sarana info dan data atau media yang menjadi layanan terbuka untuk masyarakat secara mudah dan cepat. Dituntut agar update secara berkala,” terang mantan Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Malang ini. 

Baca Juga :  Grace Syiariel Kenalkan Tanaman Nusantara dengan Botanical Art, Sibuk Urus Dua Hotel Sempatkan Bawa Sketchbook

Wahyu, sapaannya meminta agar operator web milik perangkat daerah dan BUMD, selalu memberi informasi terkini tentang program Pemkab Malang dan hasil yang dicapai. “Sebab itu, perlu tingkatkan pemahaman dan penguasaan kualitas dalam mengelola web. Sebagai ujung tombak pelayanan, ketrampilan harus di-upgrade menjadi lebih baik,” tegas mantan Kepala DPKPCK Kabupaten Malang itu.

Ia memperbolehkan para operator web, membuat berita yang viral, namun harus tetap positif. “Setidaknya, menjadi penyeimbang sesuatu berita yang mungkin tidak baik untuk Pemkab Malang. Saya optimis, dengan komitmen update, akurat, cepat dan profesional, masyarakat akan memberikan feedback positif untuk tercapainya kemajuan di Kabupaten Malang. Semisal tentang prestasi desa dan keberhasilannya,” tutup dia.

Baca Juga :  Awalnya Demi Seru-Seruan, Malah Dapat Hadiah

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz, SE, M.Si menerangkan, kegiatan monev pembinaan pengelolaan web perangkat daerah Kabupaten Malang yang diiniasi dinas yang dipimpinnya itu, bertujuan mengevaluasi keaktifan dan update data serta pembinaan operator web perangkat daerah dan BUMD. “Termasuk meningkatkan pemahaman mengelola web secara update,” katanya.  

Kedua, lanjut wanita ini, melakukan pengendalian internal terhadap operator web agar tercipta pemahaman pentingnya media web sebagai media utama, keterbukaan informasi di Pemkab Malang. “Peserta berjumlah 102 orang operator dari organisasi perangkat daerah, BUMD, kecamatan dan kecamatan. Diharapkan, operator akan mendapatkan banyak ilmu membuat konten menarik,” ungkap dia.

Baca Juga :  Rindu Keluarga, Tapi Enggan Pulang Kampung

“Kami juga lombakan web unit kerja untuk memacu kinerja teman-teman dalam mempublish setiap hari,” tegasnya. Kegiatan ini sendiri, mendatangkan beberapa pemateri. Dua diantaranya yakni Widiya Yutanti, S.Sos, MA, dosen Ilmu Komunikasi UMM menerangkan proses pembuatan konten website yang menarik dan Johan Dwijo Saputra, Kepala Sub Bagian Peliputan, Pemberitaan dan Kerjasama Pers Humas Kabupaten Malang. (mar)