Tip Teknologi, Cara Admin Menghapus Chat Grup WhatsApp Agar Memori Tak Penuh

1
Cara admin hapus chat grup WhatsApp dulu bisa dilakukan otomatis. Namun kini menghapus chat grup juga sudah bisa dilakukan oleh admin maupun anggota. Cara admin hapus chat grup WhatsApp dulu bisa dilakukan otomatis. Namun kini menghapus chat grup juga sudah bisa dilakukan oleh admin maupun anggota. (Foto: Istockphoto/Andriano_cz/ CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Fitur penghapusan pesan di WhatsApp disambut baik para pengguna. Dengan fitur ini, sampah percakapan dan medianya dapat dihapus sehingga memberikan ruang lebih pada memori ponsel.

WhatsApp memberikan pilihan dalam fitur penghapusan pesan ini. Di antaranya penghapusan personal dan penghapusan untuk semua orang.
Pada penggunaannya, terdapat sedikit perbedaan dengan penghapusan pesan pada grup.

Mengutip CNN Indonesia, Minggu (2/5), WhatsApp memberikan otoritas khusus pada admin grup untuk menghapus chat grup WhatsApp.
Pembersihan chat ini perlu dilakukan mengingat sering kali grup terlalu aktif dan banyak membagikan media berkapasitas besar yang memakan ruang memori ponsel.

Sebagai admin grup, cara admin menghapus chat grup WhatsApp tidak susah. Sebagai admin, Anda juga memiliki otoritas lainnya dalam mengatur hal seperti:
Menulis deskripsi grup,
Mengganti nama grup,
Mengundang orang untuk masuk ke dalam grup,
Menyunting siapa yang berhak menjadi admin gru,
Menyeleksi siapa yang dapat mengirim pesan ke dalam grup,
Menghidupkan dan mematikan pesan sementara.

Cara admin hapus chat grup WhatsApp dulu bisa dilakukan secara otomatis dengan menyetel waktu kapan pesan grup akan dihapus. Namun kini fitur tersebut tidak ada lagi.
Saat ini, menghapus chat grup atau clear chat juga sudah bisa dilakukan oleh admin maupun anggota dengan tahapan yang serupa.

Buka grup WhatsApp
Ketuk ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas layar
Ketuk opsi lainnya > kemudian pilih Bersihkan Chat
Pilih opsi Bersihkan Chat beserta media di dalamnya
Semua chat dan media terhapus.

Adapun jika ingin melakukan penghapusan pesan otomatis, WhatsApp menyediakan fitur pesan sementara yang akan hilang dalam 7 hari.

Meski hal ini juga dapat dilakukan oleh anggota, namun sebagai admin WhatsApp memberikan otoritas hanya admin yang dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara, dengan ketentuan sebagai berikut:
Pesan sementara akan hilang jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama 7 hari. Akan tetapi pratinjau pesan masih mungkin ditampilkan pada notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

Saat membalas pesan, secara otomatis pesan orisinal akan dikutip. Dan pesan sementara yang Anda balas mungkin tetap akan ada di chat setelah 7 hari. Jika Anda meneruskan pesan sementara ke pengguna yang mematikan fitur pesan sementara, maka pesan tersebut tidak akan hilang pada chat yang diteruskan.

Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, maka pesan sementara akan turut disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus saat pengguna memulihkan dari pencadangan pesan.(imb/fef/cnni/ley/nmp)