Tingkatkan Perekonomian Desa Sekarpuro Bangun Swalayan

Para pekerja tampak serius mengerjakan pembangunan Toko Bumdes yang dibangun di area Pasar Sekarasri.(NMP - IPUNK PURWANTO)

MALANG, NewMalangPos – Rencana Pemerintah Desa Sekarpuro  memiliki pertokoan sebagai unit usaha tak hanya isapan jempol. Terbukti toko yang diinginkan sudah mulai dibangun.

Di area Pasar Sekar Asri , Desa Sekarpuro pembangunan toko ini menggunakan anggaran dari APBDes dan Dana Desa (DD) sebesar Rp 182.476.378. Yang di targetkan selesai dalam dua bulan.

“Peletakan batu pertama dilakukan Kamis (11/3) lalu. Targetnya dua bulan pembangunan sudah selesai,” kata Kepala Desa Sekarpuro Sulirmanto.

Kepada newmalangpos.id, Sulirmanto mengatakan pembangunan toko ini merupakan salah satu program dirinya saat menjadi kepala desa. Tujuannya adalah untuk menghidupkan perekonomian yang ada di Pasar Sekar Asri.

Baca Juga :  Chu Xi dari Rumah

“Sejak dibangun 15 tahun lalu pasar ini tak terlihat hidup. Selain sepi juga kumuh. Sehingga ada ide membangun toko ini,” katanya.

Toko yang dibangun itu bentuknya swalayan yang menyediakan beragam produk baik sembako, barang-barang kebutuhan rumah tangga dan lainnya. Toko ini akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai salah satu unit usaha.

“Untuk managemen pengelolaan toko kami menggandeng toko modern,” tambahnya.

Sementara untuk pembangunanannya sendiri dikatakan Sulirmanto menggunakan anggaran dari APBDes dan DD, totalnya Rp 182.476.378. “Anggaran pembangunan tersebut include dengan pajak,” urainya.

Baca Juga :  Diancam Pencabutan, Gubernur Khofifah Minta KEK Singosari Dievaluasi

Pembangunan toko ini ditegaskan Sulirmanto merupakan tahap awal. Setelah toko selesai, akan dilanjutkan dengan pembangunan rest area dan cafe.

“Pasar Sekar Asri ini dibangun di atas tanah kas desa. Dan masih banyak tanah yang kosong yang renananya akan dibangun rest area dan cafe. Sehingga wilayah inipun akan hidup, pertokoan yang ada disana akan hidup dan ramai pembeli,” tandasnya.(ira/ggs)