Tingkatkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan

MATERI: Kegiatan pembinaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD Negeri dan Swasta di lingkungan Gugus 2 Kecamatan Lowokwaru dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja.

NEW MALANG POS, MALANG – Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta mendapat pembinaan. Puluhan guru dan tenaga kependidikan dari sembilan sekolah hadir dalam kegiatan yang digelar di SDN Merjosari 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas kinerja.

Kepala SDN Merjosari 3 Malang Sri Sulastri,S.Pd. mengatakan tenaga kependidikan di sekolah seringkali mengalami kenaikan dan penurunan. Apalagi setelah kena dampak pandemi yang membuat mereka beberapa hari harus Work From Home (WFH). “Dengan pembinaan ini kami memberikan pembekalan kepada mereka untuk tetap bekerja dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga :  Terpilih 21 MK Unggulan, Bukti Kualitas IBU

Sri Sulastri mengatakan bahwa kegiatan pembinaan ini rutin dilakukan setiap satu semester. Diinisiasi oleh Gugus 2 Sekolah Dasar Kecamatan Lowokwaru. Namun, karena kondisi pandemi jadwal kegiatan pembinaan menjadi tidak menentu.

Para tenaga kependidikan yang hadir dalam pembinaan kali ini antara lain dari bidang Tata Usaha (TU), tenaga kebersihan dan penjaga sekolah. Sedangkan untuk tenaga pendidik dihadiri oleh perwakilan guru yang di antaranya guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Kegiatan pembinaan ini memiliki dua sesi, masing-masing dibagi beberapa orang. Sesi pertama untuk Tenaga Kependidikan dari penjaga sekolah dan tenaga kebersihan dengan total 17 orang. Sedangkan sesi kedua dihadiri oleh guru PAI, TU dan guru PJOK dengan total 39 orang.

Baca Juga :  Wow, SMP Insan Amanah Punya Program Vokasi

Selain kegiatan pembinaan ini, Sri Sulastri menjelaskan bahwa tidak hanya membahas tentang kinerja tenaga sekolah saja, tetapi juga berkaitan dengan soft skill peserta. “Kegiatan ini juga mempengaruhi hubungan sosial antar sesama sehingga kita dapat beradaptasi dengan lingkungan dan orang baru,” terangnya.

Ia menambahkan, selama ini masih belum ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan kinerja tenaga sekolah. Meskipun demikian, pembinaan dan pelatihan serta penguatan kompetensi tetap perlu dilakukan. “Alhamdulillah selama ini kami tidak pernah mendengar atau menemui tenaga kerja yang membuat masalah di sekolah, justru pihak sekolah memiliki upaya untuk meningkatkan pelayanan dalam bentuk sosial,” ungkapnya.

Baca Juga :  PMM Kelompok 87 UMM, Bekali Santri Keterampilan Bahasa Inggris

Kegiatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan yang digelar oleh SD di lingkungan Gugus 2 Lowokwaru ini dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan. Panitia dengan menyediakan alat pengukur suhu tubuh dan memberi jarak pada setiap tempat duduk yang ada. “Kami berharap dengan diadakannya kegiatan pembinaan ini dapat meningkatkan kinerja tenaga sekolah menjadi lebih baik,” tandasnya. (mg1/imm/udi)

artikel Pilihan