Tingkatkan Keterampilan dan Militansi Prajurit, 138 Prajurit Batalyon Komando 464 Kopasgat Terjun Penyegaran

LATIHAN: Prajurit Batalyon Komando 464 Paskhas Kopasgat mengikuti terjun penyegaran di area Lanud Abd Saleh Pakis, Minggu (6/2) kemarin. (IRA RAVIKA/Malang Posco Media)

Malang Posco Media – Sebanyak 138 prajurit Batalyon Komando 464 Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat) mengikuti terjun penyegaran, Minggu (6/2) pagi. Di area Lanud Abd Saleh Pakis, terjun penyegaran dipimpin Komandan Yonko 464 Kopasgat Mayor Pas Puthut HM M.Han. Terjun penyegaran ini untuk mengukur kemampuan, keterampilan dan militansi prajurit Kopasgat.

“Ini merupakan latihan rutin yang digelar setiap tahun. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan militansi prajurit,’’ ungkap Mayor Pas Puthut HM M.Han.

Ia mengatakan, terjun penyegaran yang digelar merupakan program kerja Staf Operasi Kopasgat di bidang latihan. Dengan latihan secara rutin, akan memelihara kemampuan terjun para prajurit Yonko 464 Kopasgat untuk mendukung tugas yang diberikan komando atas. Sekaligus bisa meningkatkan kemampuan para prajurit dan lebih profesional.

Baca Juga :  Sanggar di Bunulrejo Buka Kelas Dalang Cilik

Puthut menyebutkan terjun penyegaran dibagi menjadi dua kategori. Yakni terjun statik dengan ketinggian 1000 feet dan free fall dengan ketinggian 8000 feet.  “Terjun statik diikuti oleh 126 prajurit, sedangkan free fall  diikuti oleh 12 prajurit,” katanya.

Puthut melanjutkan bahwa latihan terjun penyegaran kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Terjun penyegaran tahun ini menggunakan perlengkapan khusus, mengenakan IPP set dan bersenjata khusus Jungar Statik.

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan seluruh prajurit dalam hal terjun tempur, sehingga apabila sewaktu-waktu digerakan dalam medan operasi sudah siap dengan segala sesuatunya,” urainya.

Baca Juga :  SMK PGRI 3 Malang, Raih Medali Emas LKS Nasional

Ditambahkannya, latihan terjun penyegaran ini tetap mempriortitaskan keselamatan. Karenanya ia tak segan mengingatkan seluruh anggotanya untuk selalu konsentrasi melaksanakan kegiatan sesuai prosedur.

 “Selain keselamatan, kami juga mengutamakan kesehatan para prajurit. Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19. Sehingga sebelum prajurit melaksanakan misi latihan, lebih dulu mengikuti swab antigen,” tandasnya.(ira/agp)

artikel Pilihan