Tingkatkan Imun Remaja, Penuhi Asupan Gizi Seimbang

Webinar Ilmu Kesehatan Masyarakat UM

Webinar Ilmu Kesehatan Masyarakat UM

NEW MALANG POS, MALANG – Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang (IKM UM) menyelenggarakan Webinar Aftersales Nutrition in Lifecycle Series 3.

Webinar ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan Civitas Akademik UM yaitu mahasiswa dan para alumni mengenai pola hidup sehat dengan gizi seimbang dan aktivitas fisik bagi remaja di era Covid-19.

Pengabdian Masyarakat tersebut diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting, Sabtu (25/9) lalu. Dibuka secara langsung oleh Farah Paramita, S.Gz., MPH., ketua pelaksana, dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Zahra Anggita Pratiwi, S.Gz, MPH dan Prisca Widiawati, M.Pd.

Pada sesi pertama, Zahra Anggita Pratiwi, S.Gz, MPH menyampaikan bahwa kunci dari immunity yaitu asupan zat gizi mikro didukung oleh makronutrien yang seimbang, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kecukupan zat gizi mikro terpenuhi hanya jika semua makronutrien, energi dan protein dari makanan diambil dalam jumlah yang seimbang. “70 persen komponen sistem kekebalan tubuh terdapat pada jaringan usus. Sel kekebalan tubuh alami hidup pada saluran pencernaan yang sehat,” terang dosen Poltekkes TNI AU Adisutjipto ini.

Baca Juga :  Cetak Intelek Berakhlak dan Bermartaba
PENGABDIAN: Para narasumber menyampaikan materinya dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan secara virtual Zoom Cloud Meeting

Menurutnya, saluran cerna yang sehat sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh yang baik, sehingga kondisi saluran cerna akan mendukung sistem kekebalan tubuh yang baik. Saluran cerna yang sehat juga membuat perut terasa nyaman sehingga penyerapan nutrisi akan berlangsung dengan normal. “Selanjutnya metabolisme menjadi lancar dan tubuh mendapatkan perlindungan,” tambahnya.

Zahra juga mengungkapkan mengenai perbedaan diet yang sehat dan diet yang tidak sehat. Ia menyampaikan pula rekomendasi takaran makanan menurut kalori. Selain itu juga mengungkapkan makanan yang dapat menjadi immune Booster di era pandemi Covid-19, yaitu makanan yang banyak mengandung Zinc, Iron, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, dan Vitamin B6.

Baca Juga :  Perkuat Komitmen Menjadi PT Terkemuka

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Prisca Widiawati, M.Pd yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, mengenai aktivitas fisik bagi remaja di era pandemi Covid-19. Narasumber kedua ini mengungkapkan mengenai bagaimana karakteristik Gen Z.

Menurutnya, karakteristik Gen Z antara lain suka berkomunikasi, mengumbar privasi, lebih mandiri, lebih toleran dan penuh dengan ambisi. Prisca juga membahas mengenai masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh remaja serta efek dari pandemi Covid-19 pada remaja. Tak lupa ia juga menyampaikan saran latihan fisik yang dapat dilakukan oleh remaja saat pandemi covid-19 dan intensitas yang dianjurkan.

Baca Juga :  Ingat! Jumat 8 Oktober Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi ASN PPPK

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif, dipandu oleh Dian Mawarni, SKM. MPH yang merupakan dosen Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang. Acara ini ditutup dengan pesan dari para pembicara.
Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan webinar mendapatkan sertifikat ber-SKP. Dan bagi 12 peserta yang beruntung mendapatkan doorprize berupa sport starter kit dan set alat makan. (adv/ley/imm/udi)

artikel Pilihan