Tim Robotika SD Insan Amanah, Target Emas Di Ajang Baronas 2021

138
CANGGIH: Tim robotika SD Insan Amanah mengoperasikan robot-robot mereka sekaligus membuat rekaman video untuk dinilai pada lomba robot nasional 2021. (FOTO : IMAM/NMP)

MALANG, NewMalangPos – Sebanyak 15 tim robotika SD Insan Amanah siap berlaga di kontes robot nasional. Mereka telah menjalani beberapa tahapan untuk menembus babak kualifikasi. Ajang yang mereka hadapi kali ini yakni Lomba Robot Nasional (Baronas). Diikuti oleh puluhan tim robotika dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk kategori tingkat SD akan diseleksi menjadi 32 tim yang nantinya berhak melaju ke babak final. Saat ini para peserta tengah membuat video yang menampilkan aksi robot-robot mereka.

Termasuk 15 tim robotika dari SD Insan Amanah. Sejak Jumat (12/3) lalu, hingga siang kemarin mereka terus melakukan take video untuk dilombakan. Dipandu langsung oleh tim guru robotic SD Insan Amanah.

Video dinilai dengan beberapa kriteria. Salah satunya kemurnian video. Alias tanpa adanya editing sedikit pun. Mulai start robot beroperasi hingga finish. Berkaitan dengan kriteria ini, siswa harus melakukan beberapa kali percobaan. Setiap percobaan direkam untuk mendapatkan video yang terbaik.

Waka Humas dan Kesiswaan SD Insan Amanah Ainul Yaqin, S.Si., S.Pd mengatakan, untuk lomba Baronas ini anak didiknya mempersiapkan diri sebaik mungkin. Agar video yang dibuat hasilnya maksimal dan bisa lolos ke babak final. “Penilaian di babak pertama ini melalui video, 32 tim terbaik nanti masuk ke babak final,” katanya.

Babak final Baronas dilaksanakan dengan cara live zoom. Rencananya akan digelar pada awal Bulan April mendatang. Setiap tim tampil secara langsung di depan kamera dan dinilai langsung oleh tim juri. “Jadi sistemnya daring, tidak seperti tahun sebelumnya. Anak-anak berlomba cukup dari sekolah saja,” ucapnya.

Yaqin optimis anak didiknya dapat menoreh prestasi di ajang lomba tersebut. Ikhtiar yang maksimal disertai doa membangkitkan semangat siswa SD Insan Amanah untuk menjadi yang terbaik di setiap kompetisi. “Harapan kami anak-anak bisa lolos penyisihan dan mampu menjadi yang terbaik di babak final nanti,” ungkapnya.

Ekstra robotika SD Insan Amanah telah dibuka sejak tahun 2016. Selama lima tahun perjalannya anak-anak robotika SD Insan Amanah sudah beberapa kali mengikuti kompetisi robotik.

Tidak banyak sekolah dasar yang memiliki program minat dan bakat di bidang satu ini. Program robotika dapat mengasah kemampuan nalar siswa. Perpaduan otak kanan dan kiri ada di keterampilan ini. Menjadikan siswa semakin kreatif dan kritis.

Yaqin menambahkan, Baronas tahun lalu siswanya juga ikut. Sehingga pengalaman sebelumnya menjadi pelajaran penting untuk mengatur strategi dalam lomba kali ini. Diantaranya melakukan evaluasi akan kekurangan dan kelemahan yang pernah ada.

Demikian juga dengan guru pembina. Kelemahan strategi yang pernah dilakukan sebelumnya dilakukan pembenahan. Sehingga untuk kali ini menjadi lebih siap dan maksimal. “Ada beberapa siswa kami yang tahun lalu sudah ikut. Semoga di tahun ini penampilan mereka bisa lebih baik. Sementara bagi yang baru ikut ini menjadi motivasi dan sebagai pengalaman pertama mereka,” tandasnya. (imm/)