Tim PKM Polinema, Beri Pelatihan Produk Hygine dan Yogurt untuk Kader Posyandu Kelurahan Tasikmadu

POTENSI: Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Kimia Polinema memandu peserta pelatihan dalam demo pembuatan sabun cuci tangan.

NEW MALANG POS, MALANG – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Tim PKM memberikan berbagai jenis pelatihan produk hygine dan pembuatan yogurt kepada Kader Posyandu Kelurahan Tasikmadu di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu (11/9) lalu.

Pelatihan yang diberikan oleh Tim PKM Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang meliputi pelatihan pembuatan sabun cuci tangan oleh Ernia Novika Dewi, S.T, M.T, pelatihan pembuatan sabun mandi padat oleh Susanto, S.Pd, M.Pd, pelatihan pembuatan shampo oleh Shabrina Adani Putri, S.Si, M.Si, pelatihan pembuatan hand sanitizer oleh Profiyanti Hermien Suharti, S.T, M.T dan pelatihan pembuatan yogurt oleh Nanik Hendrawati, S.T, M.S.

Baca Juga :  Ojol Bisa Lewat Penyekatan Jalan

Koordinator Tim, Nanik Hendrawati S.T, M.S. menjelaskan tema pelatihan yang diberikan merupakan tema yang dapat dipraktekan secara individu maupun secara tim oleh Kader Posyandu Kelurahan Tasikmadu.

“Sehingga bekal kemampuan yang diberikan bisa diterapkan secara langsung di rumah, maupun membuka peluang usaha bagi Kader Posyandu Kelurahan Tasikmadu ke depannya,” ujar Nanik.

Apalagi di era pandemi Covid-19 ini produk hygiene dan makanan bergizi seperti yogurt merupakan senjata utama selain vaksin dan masker untuk memerangi penyebaran Covid-19.

“Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan masyarakat bisa secara mandiri memproduksi produk tersebut jika terdapat kelangkaan stok di pasar,” imbuhnya.

Baca Juga :  10.240 Vaksin Sinovac Sudah Tiba di Kota Malang

Dalam kegiatan pelatihan ini, peserta mendapatkan kesempatan secara langsung untuk mempraktekkan proses produksi yang dijelaskan oleh narasumber untuk masing–masing pelatihan.

Para narasumber juga memberikan demo dengan menggunakan alat–alat rumah tangga yang bisa ditemukan dengan mudah oleh para peserta.

Pelatihan ini diikuti kurang lebih 15 orang yang berasal dari kepada Kader Posyandu Kelurahan Tasikmadu di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Acara tersebut berjalan lancar dan mendapatkan tanggapan yang positif dari Kader Posyandu Kelurahan Tasikmadu. (*/nda)

Pilihan Pembaca