TikTok Gandeng Mantan Bos Xiaomi Duduki Kepala Keuangan

2
Perusahaan teknologi China dan pemilik TikTok, ByteDance merekrut bos Xiaomi Shou Zi Chew. (AFP/Greg Baker)

Malang, NewMalangPos – Perusahaan teknologi China dan pemilik TikTok, ByteDance merekrut bos Xiaomi Shou Zi Chew untuk menduduki posisi chief finance officer (CFO) atau kepala keuangan.

Dalam unggahan di media sosial, Shou Zi Chew mengatakan akan berbasis di Singapura untuk menjalankan jabatan barunya itu. Selain itu, Shou Zi Chew disebut telah mengetahui ByteDance sejak dia bekerja untuk perusahaan ekuitas swasta DST yang menjadi investor awal ByteDance.

“Saya yakin pengalaman Chew dapat membantu kami memperluas bisnis global kami lebih jauh,” kata kepala sumber daya ByteDance, Liang Rubo dalam sebuah memo, dikutip dari Reuters.

Melansir dari CNN Indonesia, Sabtu (27/3), Xiaomi juga sudah mengeluarkan pernyataan bahwa Shou Zi Chew telah resign atau mengundurkan diri dari posisinya di perusahaan ponsel itu pada Rabu (24/3).

Terpilihnya Shou Zi Chew semakin menguatkan dugaan perusahaan yang menaungi TikTok itu bakal segera melantai di bursa atau initial public offering (IPO).

ByteDance saat ini dikabarkan sedang mempertimbangkan sejumlah opsi untuk IPO.

Pertama, mendaftarkan anak usahanya seperti Douyin atau TikTok versi China secara sendiri-sendiri. Sedangkan yang kedua, menggabung beberapa anak usaha misalnya Douyin dan agregator berita Jinri Toutiao sebagai satu kesatuan.

Bytedance juga sedang memilih lokasi bursa yang tepat untuk anak usahanya ini. Dua kandidat yang ada saat ini adalah bursa di Hong Kong dan Shanghai.

Sementara untuk bisnis non-China seperti TikTok, ByteDance tengah mempertimbangkan antara pasar saham di Eropa atau di Amerika Serikat.

ByteDance merupakan salah satu perusahaan yang kini sedang naik daun, salah satunya karena TikTok yang fenomenal. Awal tahun ini, mereka bahkan mendapat gelontoran dana senilai US$180 miliar. (ptj/end/cnni/mg3/ggs/nmp)