Tidur Siang Dengan Waktu Singkat Dapat Tingkatkan Kreativitas

Ilustrasi: jika dilakukan sesekali dan dalam waktu yang tidak terlalu malam, tidur siang bisa memberikan beberapa manfaat (foto: istockphoto/Deagreez/CNN Indonesia)

Jakarta,  NewMalangPos – Tak hanya anak-anak saja yang membutuhkan tidur siang tapi juga orang dewasa, ketika sudah menunjukkan angka 12 siang anak-anak akan mengantuk dan tidur siang.

Namun, karena tidur siang dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh, Anda disarankan untuk tidur dalam waktu yang tidak terlalu lama. Para ahli menyarankan tidur siang tak lebih dari 45 menit. Ritme sirkadian yang terganggu bisa memicu insomnia.

Melansir CNN Indonesia, Rabu (17/2), berikut alasan tak ada salahnya sesekali memanjakan diri dengan tidur siang.

1. Lebih berenergi

Baca Juga :  Ahli Sebut Pikun Bisa Jadi Gejala Covid-19 pada Lansia

Sebuah studi yang dilakukan NASA terhadap sejumlah astronot menemukan bahwa tidur siang 40 menit meningkatkan kinerja sebesar 34 persen dan tingkat kewaspadaan mencapai 100 persen. Kewaspadaan membuat Anda tetap berenergi dan terhindar dari rasa kantuk berlebih.

Tidur siang dapat membuat seseorang lebih waspada untuk periode waktu selanjutnya. Tidur sebentar juga dapat membuat Anda lebih rileks.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Tidur siang satu atau dua kali dalam sepekan disebut dapat menurunkan risiko serangan jantung atau stroke. Hal itu ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart pada 2019 lalu.

Baca Juga :  Resep Makanan yang Terbuat dari Singkong

Peneliti memantau sebanyak 3.400 peserta studi berusia 35-75 tahun selama lebih dari lima tahun. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang satu atau dua kali tidur siang selama seminggu selama 5-60 menit, 48 persen lebih kecil kemungkinan mengalami serangan jantung atau stroke, dibandingkan mereka yang tidak tidur siang sama sekali.

3. Terhindar dari makan berlebih

Sebuah studi pada 2020 menemukan, kurangnya kualitas tidur keseluruhan membuat seseorang semakin banyak mengonsumsi gula tambahan, lemak, dan kafein. Tidur siang terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur malam hari.

Baca Juga :  Mengenal Anosmia, Gejala Covid-19 Paling Umum

Kurangnya kualitas tidur bisa menyebabkan makan berlebih. Pasalnya, tidur dipercaya merangsang rasa lapar dan menekan sinyal hormon yang mengkomunikasikan rasa kenyang.

4. Meningkatkan kreativitas

Sebuah penelitian menemukan, bagian kanan otak mendapatkan ‘suntikan’ mental saat tidur siang. Otak kanan adalah bagian yang terkait dengan tugas-tugas kreatif.

Studi yang diterbitkan pada Januari 2020 terhadap orang dewasa China berusia 60 tahun ke atas menemukan, peserta yang tidur siang selama lima menit hingga dua jam menunjukkan ketangkasan mental yang lebih baik.(asr/cnni/mg2/ggs/nmp)