Theatre of Blue Sambut Piala Menpora

37

NewMalangPos, Malang – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang sebagai penanggungjawab Stadion Kanjuruhan mulai melakukan perawatan menjelang Piala Menpora 2021. Perawatan dilakukan mulai dari pembersihan tribun yang terlihat kotor sejak latihan perdana Arema FC, awal pekan lalu.

Dispora Kabupaten Malang akan membersihkan seluruh tribun, mulai dari tribun ekonomi sampai tribun VIP. Pembersihan tribun diprediksi memerlukan waktu sebulan.

“Ini masih berjalan lima hari, baru dibersihkan yang tribun di bawah papan skor. Insyaallah satu bulan selesai,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Kabupaten Malang Aprija Wirawan.

Wawan, sapaan akrabnya, mengatakan pembersihan tersebut menggunakan 40 tenaga yang tugasnya bergiliran setiap hari. Sampai Jumat (25/2) kemarin, tribun yang berada di bawah papan skor sudah jauh lebih bersih dari kondisi sebelumnya.

Perawatan dan pemeliharaan stadion yang kerap disebut Theatre of Blue (markas tim biru) sebetulnya jadi agenda rutin Dispora Kabupaten Malang. Namun, berhubung stadion tidak mendapat pemasukan sama sekali, Wawan mengaku sulit untuk melakukan program tersebut.

Selain tribun, Dispora Kabupaten Malang juga akan melakukan perawatan rumput lebih sering. Perawatan yang dimaksud adalah pemotongan rumput.

“Rumput sebetulnya setiap minggu tiga kali dipotong. Begitu ada Korona, akhirnya cuma dua kali. Soalnya kita terbentur dengan bahan bakar mesin pemotongnya itu,” ujar dia.

Wawan menjelaskan, anggaran untuk merawat Stadion Kanjuruhan tergolong sedikit. Pihaknya hanya menerima anggaran sebesar Rp 217 juta selama satu tahun. Itu pun, kata dia, harus dibagi dengan perawatan Stadion Kahuripan di Turen.

Anggaran yang dimaksud Wawan untuk tahun ini bahkan belum keluar. Untuk itu, ia menggunakan dana lain agar bisa merawat stadion. “Terus terang saat ini sedang pinjam dulu. Kalau dananya sudah keluar baru diganti. Memang saat ini belum ada pemasukan,” ujar dia.

Perawatan ini memang segera dilaksanakan mengingat Stadion Kanjuruhan bakal didaftarkan sebagai tuan rumah Piala Menpora 2021. Setidaknya ada empat sampai lima klub yang akan menggunakan kandang Arema FC selama bertanding di fase grup. (dj8/ley)