Tertolong Gol Keberuntungan

new malang pos

NewMalangPos – Arema FC gagal mendapat hasil ideal di laga pertama Piala Menpora 2021. Melawan Tira Persikabo di Stadion Manahan Solo, Minggu (21/3/2021) , Alfarizi dkk bermain imbang 1-1.

Para pemain seolah demam panggung menghadapi pertandingan sepak bola resmi yang perdana setelah kompetisi terhenti selama setahun, sehingga harus puas berbagi angka.

Sudah tampil ofensif sejak awal pertandingan, Tim Singo Edan memiliki banyak peluang emas. Bahkan dalam catatan setidaknya tiga kali para penyerang Arema FC berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Tira Persikabo. Namun, tidak ada satu gol yang tercipta dari peluang tersebut. Baik Dedik Setiawan maupun Kushedya Hari Yudo, urung unjuk gigi dengan mencetak gol di laga pertama.

Sebaliknya gol Arema FC justru berbau keberuntungan. Hendak memberikan umpan kepada Feby Eka Putra, tendangan Dendi Santoso coba disapu oleh Didik Wahyu Wijayance. Dendi yang terjatuh usai memberikan passing, malah menghadang clearance dari Didik dan bola berbalik memantul ke gawang Tira Persikabo. Syahrul Trisna sudah mati langkah sehingga gol tercipta di menit 85’.

Baca Juga :  Saatnya Bangun Jaringan Belajar

Arema FC sendiri sebelumnya tertinggal di menit 11’ babak pertama. Mantan pemainnya, Ahmad Nufiandani menjebol gawang Teguh Amiruddin yang notabene juga mantan pemain Tira Persikabo. Berkali-kali Laskar Padjajaran juga sempat merepotkan pertahanan Arema FC, terutama duet Nufiandani dan Wawan Febrianto dari sisi sayap.

Laga pun berjalan seru, karena dua tim melakukan jual beli serangan. Para winger kedua tim mampu merepotkan barisan pertahanan lawan. Arema FC dengan Dendi Santoso, Dedik Setiawan dan Kushedya Hari Yudo yang berkali-kali tukar posisi, sedangkan Tira Persikabo melalui Dani, Wawan hingga Dimas Drajad.

Usai laga kedua tim tampak mensyukuri hasil berbagi poin tersebut. Pasalnya, meskipun membawa optimisme dan semangat masing-masing, pertandingan kemarin adalah yang perdana. Pelatih kedua tim juga sempat menegaskan, tidak akan mudah melalui laga pertama.

“Kita agak lama tidak ada pertandingan resmi. Jadi sebelumnya saya juga sudah bilang, agak berat memang melalui laga pertama,” ujar Asisten Pelatih Arema FC Kuncoro.

Menurut dia, beberapa hal mendasari. Misalnya pemain masih meraba-raba permainan dan mencoba beradaptasi dengan atmosfir pertandingan yang sudah lama tak pernah dijalani. Lantas, Kuncoro juga masih melihat timnya kurang secara fisik.

Baca Juga :  Penjaga Gawang Kembali Ideal

“Terus terang, kami kalah stamina. Meskipun unggul secara materi pemain karena ada pemain asing,” papar Kuncoro.

Dia menganggap Tira Persikabo juga memiliki fisik dan kekompakan lebih baik karena sudah lama berkumpul. Sementara Arema FC baru sebulan, dan sebagian besar pemain juga baru bergabung, termasuk mereka yang baru saja kembali dari Timnas Indonesia.

“Tentunya kami bersyukur dengan hasil ini. Tira Persikabo sudah kumpul lebih lama. Kekurangan kami kalah di stamina,” tegas dia.

Namun ia menegaskan kalah dalam hal stamina tidak boleh menjadi alasan sehingga timnya gagal menang. Kuncoro menjanjikan evaluasi tim, sehingga bisa lebih baik di laga-laga berikutnya,” tambahnya.

Pelatih asal Gondanglegi Kabupaten Malang itu mengatakan, bila timnya masih tetap optimis sekalipun baru saja memperoleh hasil imbang. “InsyaAllah tetap optimis. Kita berusaha, Allah semua yang menentukan. Seperti tadi, ada banyak peluang, satu lawan satu sampai tiga kali, tapi tidak gol. Rasanya sampai lemas sekali. Tapi Allah menentukan, gol tadi kan tidak disangka-sangka,” urai dia.

Baca Juga :  Reklame Surya Pro Permalukan Pemkot

Sementara itu, sang pencetak skor, Dendi Santoso pun mengakui hal yang sama. Meskipun belum menang, timnya tetap harus bersykur, karena mengakhiri laga tanpa tertunduk usai memaksakan hasil imbang. “Kami harus bersyukur dulu terhindar dari kekalahan,” ujarnya.

Dendi mengatakan laga perdana tidaklah mudah. Ia mengakui jika ada ketegangan setelah lama tidak ada kompetisi. “Laga perdana ini tegang setelah lama gak main bola. Alhamdulilah bisa membuat gol untuk menyamakan kedudukan,” papar pemain bernomor punggung 41 tersebut.

Ia juga menyebutkan, bila gol unik dan berbau keberuntungan, sama halnya yang disampaikan oleh Kuncoro. Upaya harus dibarengi dengan keberuntungan dan campur tangan Tuhan.

“Hehe, tadi campur tangan Tuhan. Berkat itu bisa menyamakan kedudukan,” kata dia.

Usai berbagi angka dengan Tira Persikabo, tim Arema FC tentunya mesti kerja keras lagi di laga kedua. Barito Putera bakal menjadi lawan pada laga Kamis (25/3) mendatang. (ley/van)