Tersisa Enam Kuota Beasiswa KIP Mahasiswa Baru AKAFARMA PIM

NEW MALANG POS- Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) Putra Indonesia Malang (PIM) menjadi satu perguruan tinggi Diploma 3 yang mahasiswanya mendapat subsidi biaya kuliah selama pandemi Covid-19, melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah 2020 dari pemerintah.

Siswa lulusan SMA/MA dan SMK yang memiliki potensi akademik sesuai, tapi memiliki kemampuan ekonomi yang terbatas dapat melanjutkan pendidikan tinggi. Persyaratan dalam mengajukan program KIP sendiri, kampus harus memiliki akreditasi B dan tidak dalam sengketa.

Kesempatan mendapatkan beasiswa ini, tak disiakan institusi AKAFARMA PIM untuk menginformasikan peluang mendapat beasiswa KIP kepada para mahasiswanya. “KIP mahasiswa baru kami ajukan 10, dan disetujui 7 orang. Sedang untuk mahasiswa kami semester 5, dari 10 orang yang kami ajukan, disetujui 5 orang,” papar Anggraeni In Oktavia S.P., M.Ling, Wakil Direktur I Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan AKAFARMA PIM.

Baca Juga :  Bangun Ulang Citra Positif Pendidikan Vokasi

Lebih lanjut dosen yang juga alumnus Sekolah Menengah Farmasi PIM ini menjelaskan bahwa untuk periode tahun akademik 2020/2021, KIP bagi mahasiswa baru AKAFARMA PIM baru 1 orang yang mengajukan beasiswa KIP. “Sehingga masih ada 6 peluang untuk mendapat bantuan pemerintah melalui program Kemendikbud ini,” lanjutnya.

Mahasiswa baru yang sudah memiliki KIP akan menjadi prioritas utama untuk mengajukan. Sementara itu jika belum mempunyai, kampus yang beralamat di Jalan Barito 5 Malang tersebut akan membantu mahasiswa, setelah mereka menyertakan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW dan kelurahan tempat tinggal mahasiswa, melakukan scan KTP dan KTM serta melampirkan surat pengantar dari kampus.

Baca Juga :  Prodi Sosiologi Raih Akreditasi A

Besaran bantuan KIP kuliah mahasiswa baru total Rp 6,6 juta per semester dengan rincian Rp 2,4 juta yang akan ditujukan untuk bantuan UKT/SPP mahasiswa per semester dan bantuan biaya hidup sebesar Rp 4,2 juta per mahasiswa per semester yang dibayarkan langsung ke rekening mahasiswa. Sedang untuk mahasiswa semester 5 akan mendapat bantuan UKT/SPP sebesar Rp 2,4 juta saja. (mar)

artikel Pilihan