Tepergok Warga, Sindikat Pencuri Kabel Telkom Digulung

Plh Kapolsekta Lowokwaru AKP Sutomo merilis dua tersangka pencurian kabel bawah tanah milik PT Telkom Indonesia, Kamis (24/6). (NMP-M. REXY QOLBI A.)

MALANG, NewMalangPos – Dua pencuri kabel bawah tanah milik PT Telkom Indonesia, dibekuk Unit Reskrim Polsekta Lowokwaru, awal pekan lalu. Mereka diringkus saat beraksi di Jalan Raya Tlogomas Kota Malang. Sewaktu diamankan keduanya tanpa ada perlawanan apapun.

Mereka adalah Sukis, 44, warga Kabupaten Demak dan Joko Prawito, 22, warga asal Lampung. Keduanya ini adalah sindikat pencuri kabel milik PT Telkom. Kedatangannya ke Kota Malang pun, juga karena berniat mencuri.

“Kedua tersangka ini kami tangkap di lokasi kejadian. Kabel bawah tanah milik PT Telkom Indonesia yang dicuri sepanjang 210 meter dengan diameter 0,6 milimeter,” ucap Plh Kapolsekta Lowokwaru AKP Sutomo saat merilis kasusnya, Kamis (24/6) kemarin.

Baca Juga :  Wanita Berjilbab Terekam CCTV Keluarkan Barang Curian dari Dalam Rok

Dijelaskan Sutomo, aksi pencurian terjadi sekitar pukul 02.00. Untuk bisa mencuri kabel, kedua tersangka lebih dahulu membongkar lapisan fasum kabel dengan linggis. Begitu sudah terlihat, kabelnya dipotong dengan kapak, lalu ditarik dengan truk Mitsubishi Fuso H-1411-YE.

“Setelah kabel berhasil ditarik, kemudian dipotong menggunakan kapak. Potongan kabel itu lalu disimpan di atas truk,” ujarnya.

Namun ternyata aksi pencurian kabel ini tidak berjalan mulus. Ada saksi warga yang mengawasi, kemudian melaporkan ke Polsekta Lowokwaru. Polisi lantas datang ke TKP dan berhasil menangkap keduanya.

Baca Juga :  Sebatang Kara, Pria Tua Tewas Membusuk

“Akibat kejadian ini PT Telkom Indonesia mengalami kerugian sekitar Rp 79 juta. Sementara kedua tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemberatan,” paparnya.(rex/agp)