Target Empat Ranperda di Triwulan Pertama

TARGET RANPERDA: DPRD Kota Malang menargetkan dapat menuntaskan empat Ranperda sebelum April mendatang.

NewMalangPos, MALANG – Empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang masuk dalam program pembentukan perda (Propemperda) DPRD Kota Malang mulai dibahas.

Meskipun dilakukan lebih banyak secara virtual karena masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jilid kedua, pembahasan dilakukan dengan intens.

Ketua Bapemperda (Badan Pembentukan Perda) DPRD Kota Malang H Pujianto kepada New Malang Pos menjelaskan, Ranperda yang ditargetkan selesai pembahasannya pada April mendatang itu antara lain, Ranperda Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Lingkungan, Ranperda Penyelenggaraan Reklame, Penyelenggaraan Kerarsipan dan Perpustakaan dan Ranperda Bantuan Hukum terhadap Masyarakat Miskin.

Baca Juga :  Makanan Dijadikan Hampers, Bantu Share Event Aman

“Untuk yang kearsipan dan bantuan hukum pada masyarakat miskin kami masih menunggu dari Kemenkumham untuk evaluasinya. Sisanya yang dua lainnya masih menunggu juga lemparan dari eksekutif,” terang Pujianto.

Empat Ranperda ini ditarget selesai sebelum April. Agar nanti dapat melanjutkan pada pembahasan Ranperda lainnya.  Kurang lebih ada 33 ranperda yang sudah masuk Propemperda DPRD Kota Malang di 2021. Hanya saja, untuk tahun ini ditargetkan dapat mengesahkan sedikitnya 15 Ranperda yang dianggap priroitas.

“Yang priroitas lainnya itu yang retribusi, lalu Ranperda bahas RT/RW, Ranperda CSR. Rencana akan kita selesaikan sepanjang tahun ini,” ujar politisi PAN ini.

Baca Juga :  Wedding Boleh Asal Dapat Izin Satgas Covid-19

Ia menjelaskan, selama awal tahun ini pekerjaan anggota dewan tetap berjalan. Hanya saja dilakukan dengan system daring. Karena anggota dewan banyak yang Work From Home (WFH). Diakui memang sedikit memperlambat pembahasan, hanya saja ini bisa diatasi.

Pembahasan Ranperda secara intens masih dikoordinasikan baik dengan Bagian Hukum Pemkot Malang maupun KemenkumHAM.

“Kalau koordinasi terus berjalan. Kami tetap optimis yang 4 ranperda ini bisa selesai sebelum April. Sambil selalu jaga Prokes dan memberi edukasi kepada masyarakat tentang vaksinasi,” pungkas Pujianto. (ica/aim)