Tampung keluhan Masyarakat Pasuruan, e-Sambat Terintegrasi Dinas Terkait

1
Gus Ipul melaunching e-sambat (Foto: Muhajir Arifin/Detik News)

Kota Pasuruan, NewMalangPos – Rilis e-Sambat kini warga Kota Pasuruan bisa langsung mengeluhkan pelayanan publik lewat aplikasi. Dinas terkait akan segera merespons dan menindaklanjuti keluhan dengan memberikan solusi.

“Ini adalah aplikasi yang memberikan ruang kepada masyarakat untuk bisa mengadu dan mengeluh ke pemkot. Masyarakat dipersilahkan untuk menyampaikan atau mengeluhkan apapun terkait pelayanan di Pemkot Pasuruan,” kata Wali Kota Pasuruan Yusuf (Gus Ipul) usai meluncurkan aplikasi e-Sambat di Taman Kota Pasuruan, Rabu (28/4).

Warga dipersilakan menyampaikan atau mengeluhkan apapun terkait pelayanan di Pemkot Pasuruan. Mereka cukup mendownload aplikasi e-Sambat di playstore, memasukkan data diri, dan menyampaikan keluhan kepada pemkot.

“Program ini sebenarnya banyak di beberapa daerah lain. Sekalipun namanya tidak sama. Tapi, e-Sambat yang di-launching ini jelas beda. Bukan hanya sekadar seremonial. Tapi, saya memastikan semua aspirasi masyarakat bisa tertangani melalui aplikasi ini,” terangnya seperti dilansir dari Detik News.

Gus Ipul mengatakan, e-Sambat merupakan salah satu janjinya bersama wakilnya, Adi Wibowo, saat kampanye. Yakni memberikan wadah untuk warga mengadu.

“Tidak boleh seperti sebelumnya. Harus ada tindak lanjutnya. Jadi, secepat mungkin apapun aspirasi yang disampaikan, harus segera dicarikan solusi,” lanjutnya.

Menurut Gus Ipul, respons harus diberikan secepat mungkin. Semisal, ada masyarakat yang mengeluhkan jalan berlubang, air PDAM tak lancar, maka harus segera diberi respons.

“Semisal tidak bisa dilakukan saat itu juga, minimal ada jawaban sebagai respons dari Pemkot Pasuruan. Butuh waktu lima hari ya ditulis aja lima hari. Terpenting jangan menggantung keluhan atau aspirasi masyarakat tanpa ada jawaban atau respon yang baik,” ujarnya.

Gus Ipul akan terus memantau interaksi warganya dan OPD terkait dalam aplikasi itu. Jika ada OPD yang kurang tanggap akan mendapatkan teguran dan sanksi. Sebaliknya jika semuanya tanggap, dan memberikan solusi dengan cepat akan mendapatkan reward dan apresiasi.

“Kita manfaatkan teknologi untuk bisa memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat yang ada di Kota Pasuruan,” tandasnya.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengatakan, semua aplikasi dan program yang sudah dilaunching nantinya akan terintegrasi dan muaranya di e-Sambat. Ia mengucapkan terima kasih kepada OPD yang mau diajak berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (iwd/dtk/mg3/ley/nmp)