Tampilkan Azan Remix, Mnet Langsung Minta Maaf

Mnet sempat menuai banyak protes karena disebut menampilkan suara azan yang diremix sebagai musik latar program Street Woman Fighter. Mnet sempat menuai banyak protes karena disebut menampilkan suara azan yang diremix sebagai musik latar program Street Woman Fighter. (Foto: (dok. Mnet TV via YouTube/CNN Indonesia))

Jakarta, NewMalangPos – Tayangkan Street Woman Fighter  menggunakan azan remix, saluran musik televisi Korea Mnet dikecam dan menuai banyak protes  tak lama kemudian Mnet meminta maaf.

Dalam sebuah  keterangan resmi yang dikutip dari CNN Indonesia Kamis, (9/9) Mnet, mereka menyampaikan tak ada maksud lain selain memilih lagu tersebut karena dirasa cocok menjadi pengiring program.

“Kami menyampaikan permintaan maaf yang tulus terkait soundtrack yang digunakan dalam pembukaan episode pertama Street Woman Fighter.” tulis Mnet membuka pernyataan resmi, dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (9/9).

Baca Juga :  Wajib Lapor, Polisi Pulangkan Pelajar Tersangka Tarung Bebas di Makassar

Mnet berdalih bahwa lagu tersebut terdaftar resmi di situs streaming. Tim produksi Street Woman Fighter kemudian memilih azan remix tersebut karena unsur kecocokan.

“Tim produksi melihat bahwa suara elektronik dari lagu tersebut cocok sebagai musik latar program. Kami tentu tidak memiliki niat lain.” tertulis di pernyataan yang diunggah di Instagram, Rabu (8/9) malam.

Sebagai tindak lanjut, Mnet menyebut akan mengunggah ulang tayangan dengan mengganti musik latar azan remix yang menjadi sumber protes banyak kalangan, khususnya umat Muslim.

Baca Juga :  Bupati Situbondo Meninggal Terpapar Corona

Sebelumnya, acara Street Woman Fighter di Mnet disebut netizen telah menggunakan suara azan yang diremix. Kemudian azan ditampilkan sebagai musik pengiring dari pembukaan episode ketiga acara tersebut yang tayang Selasa (7/9) malam waktu Korea.

Keriuhan terjadi setelah sejumlah netizen menyadari bahwa musik pembuka dari acara tersebut secara sayup-sayup terdengar seperti lantunan azan.

Sejumlah video yang membandingkan antara suara azan dan musik pengiring Street Woman Fighter pun viral di media sosial, seperti Twitter dan TikTok, kemudian diunggah ulang di YouTube.

Baca Juga :  Larangan Mudik, PT. Garuda Buka Wisata Simulator Pesawat

Kemiripan suara tersebut kemudian mengundang protes dari netizen. Mereka menilai bahwa azan bukanlah musik yang boleh diremix, melainkan sebuah panggilan untuk umat muslim beribadah. Aksi Mnet tersebut pun dianggap banyak pihak telah melecehkan umat Muslim.  (fjr/cnni/mg8/mg9/ley/nmp)

Pilihan Pembaca