Tahun ini Disparta Bentuk Tim Sembilan

PROMOSIKAN : Promosi pariwisata di Batu Tourism Mall (BTM) terus dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata di tengah pandemi ini. Harapannya ketika pandemi berhasil diatasi, wisatawan bisa berwisata ke Kota Batu.(NMP/MANSYUR)

KOTA BATU, NewMalangPos – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batu bakal dibentuk sebagai upaya meningkatkan pendapatan industri pariwisata.

Pembentukan tersebut berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) 47 tahun 2021.
Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan akan membentuk BPPD tahun ini. Dalam prosesnya akan ada beberapa seleksi dan diisi oleh empat elemen seperti pelaku wisata hingga akademisi.

“Untuk BPPD sudah kami sosialisasikan. Tinggal menunggu situasi pandemi terkendali dan pelaksanaan PPKM selesai. Karena untuk pembentukan BPPD perlu mengundang empat elemen,” ujar Arief kepada New Malang Pos, Rabu (4/8).

Baca Juga :  Warga Desa Giripurno Ingin Pemekaran

Ia menjelaskan, empat elemen tersebut terdiri dari unsur akademisi, asosiasi pariwisata, profesi pariwisata, dan penerbangan. Dari empat klasifikasi, nantinya akan dijadikan tim sembilan sebagai pelaksana kebijakan sesuai Perwali.

Sembilan orang yang masuk dalam Tim Sembilan akan diisi oleh empat orang wakil asosiasi kepariwisataan. Kemudian dua orang wakil asosiasi profesi kepariwisataan, lalu 2 orang akademisi kepariwisataan dan 1 orang wakil asosiasi penerbangan.

“Nanti mereka yang merumuskan kebijakan dan skala prioritas promosi wisata yang ada di Kota Batu. Selanjutnya untuk tugas pemerintah, dalam hal ini Disparta akan mensinergikan masukan dari Badan Promosi Pariwisata. Serta akan memberikan anggaran dari APBD untuk operasional,” terang mantab Kepala DLH ini.

Baca Juga :  Tempat Wisata Tutup

Lebih lanjut, BPPD tugasnya tidak akan bentrok dengan Bidang Promosi milik Disparta. Tapi sebaliknya BPPD yang terdiri dari sembilan orang tersebut akan bersinergi dalam mempromosikan segala hal tentang kepariwisataan dan ekraf yang ada di Kota Batu.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Kota Batu, Sujono Djonet menyampakan bahwa kehadiran BPPD Kota Batu sangat penting untuk memulihkan sektor pariwisata. Karena itu ia berharap BPPD sesegera mungkin bisa dibentuk oleh untuk kembali mengangkat potensi wisata yang ada di Kota Batu.

Baca Juga :  Selama PPKM Darurat, Batu Secret Zoo Berlakukan Substitusi Pakan

“Selain bertugas untuk me mengangkat dan mempromosikan sektor wisata. Saya juga berharap BPPD diisi dengan orang-orang yang memiliki kredibilitas yang baik di bidang pariwisata,” paparnya.

Selanjutnya, Djonet juha meminta untuk fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan bagi calon orang-orang yang mengisi dalam jabatan lembaga independen. Tujuannya agar tidak ada kecemburuan dan diisi oleh orang yang berkompeten.

“Terpenting lagi jangan sampai dengan adanya BPPD hanya sebagai rebutan proyek wisata,” pungkasnya. (eri)

artikel Pilihan