Tadinya Banjir, 6 Desa di Magetan ini Tergenang Lumpur

Banjir di Magetan menyisakan lumpur (Foto: Sugeng Harianto/detik news)

Magetan, NewMalangPos– Sebelumnya Banjir di Magetan menggang di 6 Desa yang tersebar di tiga kecamatan telah berubah menjadi genangan lumpur setinggi 50 cm. Selain itu, tiga jembatan juga dilaporkan ambrol dan arus lalu lintas dialihkan.

“Ini lumpur ada kalau 50 cm,” ujar Sularso, warga yang tinggal di RT 6 Desa Pojok, Rabu (17/3).

Sularso mengaku rumahnya yang berada di dekat sungai membuat lantai dan warungnya penuh lumpur. Saat banjir datang, Sularso mengaku banyak warga yang panic karena tidak dapat menyelamatkan barang barang berharga mereka.

Baca Juga :  Ketua PBNU Said Aqil Komut PT KAI

Hal senada juga diungkapkan Sumini (50) yang rumah dan dapurnya penuh lumpur setinggi 30 cm. “Ini penuh lumpur tadi, sebagian sudah disemprot petugas BPBD. Ini di dapur yang masih (Lumpur),” ungkapnya. Sementara Kades Pojok Dedy Sumedi mengaku ada sekitar 40 warganya masih mengungsi ke rumah warga yang lebih aman jauh dari sungai.

Dedy menambahkan saat ini warga dibantu oleh BPBD TNI dan Polri untuk membersihkan lumpur. “Ini masih dibantu TNI-Polri dan BPBD membersihkan lumpur,” tandasnya.

Baca Juga :  Kementerian PUPR Kebut Pembangunan Terowongan Bulak Kapal

Sebelumnya banjir di Magetan menerjang enam desa tersebar di tiga kecamatan yakni Kawedanan dan Ngariboyo dan Parang bertambah satu desa terparah di Desa pojok sehingga total tujuh desa.

Data rincian banjir Magetan di tujuh desa tersebut, empat desa di kecamatan Kawedanan, dua desa di kecamatan Ngariboyo. Sedangkan satu desa lagi di kecamatan Parang.

Empat desa di kecamatan Kawedanan yang dilanda banjir yakni Desa Pojok, Tladan, Balerejo dan Mangunrejo. Sedangkan dua desa di kecamatan Ngariboyo yakni Desa Banjarpanjang dan Ngariboyo serta di kecamatan Parang banjir ada di Desa Sundul.

Baca Juga :  Ketua Umum PBNU Said Aqil Sembuh dari Corona

Selain itu, ada tiga jembatan ambrol semuanya ada di Kecamatan Kawedanan. Tiga jembatan ambrol itu ada di Desa Ngunut, Selorejo, dan Pojok. Jembatan Ngunut merupakan jalur utama Magetan-Ponorogo. Ambrolnya jembatan membuat arus lalu lintas dialihkan. (fat/fat/dtk/mg3/ggs/nmp)