Suasana Khidmat Selimuti Renungan Suci Forkopimda Kabupaten Malang

Suasana pelaksanaan Upacara Penghormatan dan Renungan Suci Forkopimda Kabupaten Malang di Taman Makam Pahlawan (TMP) Prayuda Nirwana, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (17/8).(ist/NMP)

MALANG, NewMalangPos – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci jelang puncak HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Prayuda Nirwana, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (17/8) tengah malam.

Acara berlangsung selama 15 menit tepat pada pukul 00.00, digelar dalam rangka memperingati akan jasa para Pahlawan. Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono selaku Inspektur upacara. Suasana khidmat menyelimuti selama pelaksanaan upacara tersebut.

Dalam kesempatan itu inspektur upacara juga menyatakan penghormatan tinggi atas jasa pengorbanan para pahlawan.

Baca Juga :  Menag Revisi Aturan Salat Idul Adha karena PPKM Darurat

“Hormat yang sebesar-besarnya atas jasa keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai Pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa, dan kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bakti kami,” ujar Inspektur Upacara AKBP Bagoes Wibisono.

Doa juga dipanjatkan dengan harapan arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang mulia.

Turut hadir dalam kegiatan Bupati Malang M. Sanusi, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Dandim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Yusub Dody Sandra, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang Edi Handoyo, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Malang Ronald Salnofri Bya, Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmaji, Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, jajaran pejabat utama TNI-POLRI serta jajaran lingkup Pemerintah Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Ironi Sekolah di Tanah Gerak, Bangunan Retak, 3 Ruangan Jadi 6 Kelas

Kepala Urusan Sub Bagian Humas Polres Malang Ipda Andi Agung menerangkan, upacara dilakukan serentak di berbagai daerah. Diawali dengan pembacaan Naskah Apel Kehormatan oleh Inspektur Upacara dan diakhiri dengan pembacaan doa.

“Upacara penghormatan dan renungan suci dilakukan serentak di seluruh Indonesia,” ujar Andi. Dirinya juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut rutin dilakukan.

“Kegiatan ini digelar setiap tahunnya yang dimaksudkan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raga demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.(tyo/jon/nmp)

Pilihan Pembaca