SPBU Buring Terbakar, Dua Mobil Ludes

855
new malang pos
Kondisi SPBU Buring usai terbakar dan petugas sedang pembasahan untuk antisipasi munculnya api lagi. (NMP-M.Mansyur)

MALANG, NewMalangPos – SPBU 54.651.77 di Jalan Mayjend Sungkono, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, terbakar, Kamis (18/3) malam. Api menghanguskan mesin pengisian BBM. Termasuk dua unit mobil, yakni angkot dan Pikap.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Namun kerugian akibat kejadian itu ditafsir mencapai ratusan juta. Kasusnya sedang ditangani Polsekta Kedungkandang.

“Sementara tidak ada korban jiwa ataupun luka. Karena begitu terbakar, pegawai langsung menyelamatkan diri,” ujar Kapolsekta Kedungkandang Kompol Yusuf Suryadi.

Menurutnya peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 20.10. Bermula dari mobil angkot milik warga Kelurahan Bumiayu sedang mengisi bensin.

“Mobil angkot itu mengisi untuk ketiga kalinya. Pertama pukul 15.00, lalu pukul 17.00 dan terakhir sekitar pukul 20.00,” jelas Yusuf.

new malang pos
kondisi mobil angkot yang menjadi penyebab kebakaran ludes terbakar. (NMP-M.Mansyur)

Usai mengisi BBM, mobil angkot berniat keluar. Namun mesin baru dinyalakan, tiba-tiba dari mesin depan mobil mengeluarkan percikan api. Sopir angkot yang ketakutan langsung keluar angkot dan pergi.

Nahasnya, karena mesin belum dimatikan, mobil angkot itu berjalan sendiri lalu menabrak panel dua (mesin pengisian) serta mobil Pikap. Api pun merambat ke mesin pengisian dan mengakibatkan kebakaran hebat.

“Begitu juga dengan mobil Pikap juga ikut terbakar. Namun untungnya hanya terbakar di bagian belakang saja,” ujar mantan Kapolsek Tumpang ini.

Udin salah satu warga yang melihat kebakaran lantas menghubungi PMK Kota Malang. Sekitar pukul 20.30, tiga armada PMK datang ke lokasi untuk memadamkan. Namun karena api masih cukup besar, pukul 21.00 ada tambahan lima armada. Total ada delapan armada PMK.

Setelah berjuang sekitar satu jam, api akhirnya berhasil dipadamkan. Kondisi SPBU sebagian sudah ludes terbakar. Termasuk mobil angkot juga hangus.(rex/agp)