SMK Sriwedari Malang, Perkuat Link And Match Dunia Industri

SINERGI: Ketua Sistem Penjaminan Mutu Internal SMK Sriwedari Faried Syafii, S.Si, M.Pd (kiri) bersama Roslan Bin Othman dari Faculty of Creative Arts & Design dari SEGi College Subang Jaya Malaysia dalam rangka kerjasama kemitraan

MALANG, NewMalangPos – Orientasi pendidikan di SMK adalah mencetak lulusan yang siap kerja. Maka keterampilan menjadi sebuah ukuran akan kualitas dari kompetensi siswa. Tetapi itu saja tidak cukup. Kemampuan sekolah dalam memperkuat relasi dan networking dengan dunia industri maupun dunia usaha menjadi satu hal yang juga menentukan.

Itu yang dilakukan oleh SMK Sriwedari Malang. Hubungan dengan dunia industri terus diperkuat. Tidak lain untuk masa depan anak didiknya. Dari program kerjasama itu kurikulum menjadi terarah. Sehingga sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dunia kerja.

Waka Kurikulum SMK Sriwedari Nur Kholish, S.Pd., M.T mengatakan prospek kerjasama dunia industri menjadi bagian terpenting di SMK. Tujuannya tidak lain agar terwujud link and match. Implikasinya pada keselarasan kurikulum dan kesempatan praktik kerja bagi peserta didik. “Kami memberikan kesempatan praktik kerja industri selama satu semester bagi anak-anak,” katanya.

Baca Juga :  KUI Politeknik Negeri Malang, Sosialisasi Kelas Internasional Dan Double Degree

SMK Sriwedari membuka empat program keahlian. Yaitu Teknik komputer dan jaringan (TKJ), Multimedia, Manajemen Perkantoran, serta Bisnis Daring dan Pemasaran. Semuanya mempunyai prospek yang jelas untuk masa depan siswa. Terutama di era digital dan revolusi industri 4.0 seperti saat ini.

SOLID: Guru SMK Sriwedari Nungki Indah Susanti, S.Pd (kiri) bersama Ir. Okky Tri Hutomo, M.IT selaku CEO AMIGROUP Maspion IT Indonesia dalam rangka memperkuat kerjasama dengan industri

Nur Kholish mengatakan, Teknik Komputer Dan Jaringan di SMK Sriwedari berkembang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Sehingga banyak lulusan dari jurusan ini yang langsung direkrut di dunia kerja. “Itu menunjukkan bahwa lulusan kami kompeten. Proses pembelajaran sesuai dengan harapan dan kebutuhan dunia kerja,” ucapnya.

Baca Juga :  Gunakan Aplikasi Masook, Jadi Pilot Project

Sementara itu, program keahlian Multimedia, juga terus meningkatkan kualitasnya. Salah satunya dengan melengkapi sarana dan fasilitas yang menunjang. Apalagi jurusan ini juga sudah mendapat bantuan sarana dari pemerintah. Tentu akan semakin mempermudah pembelajaran.

Siswa-siswi Multimedia juga aktif membuat konten berupa audio video dalam setiap momentum. Seperti Hari Lingkungan Hidup beberapa waktu lalu. Termasuk dalam waktu dekat para siswa mempersiapkan untuk membuat video Hari Raya Idul Adha. “Kami memanfaatkan setiap moment untuk membuat video kemudian dishare di media sosial. Sekaligus untuk memperkenalkan sekolah kami kepada masyarakat,” terang Nur Kholish.

Baca Juga :  Bangun Ulang Citra Positif Pendidikan Vokasi

Yang tidak kalah penting program strategis yang diterapkan oleh Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Bisnis daring merupakan bentuk bisnis yang paling berkembang di era digital. Sehingga jurusan ini mempunyai peluang besar untuk berkembang menjadi entrepreneur atau para pengusaha handal. “Tujuan kami mencetak lulusan yang tidak hanya bisa mencari kerja tetapi juga menciptakan pekerjaan,” tandasnya.

Hingga saat ini SMK Sriwedari masih memberikan kesempatan bagi calon siswa baru. Sekolah di Jalan Bogor Atas ini membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021-2022. (sir/imm)