SMK Cendika Bangsa Kepanjen, Peringkat Lima Besar EJEC English Competition

BANGGA: Mila Kholifah, S.Pd bersama anak didiknya yang sukses meraih lima besar EJEC English Competition tingkat Jawa Timur. (FOTO : IST)

MALANG, NewMalangPos – Siswa-siswi SMK Cendika Bangsa Kepanjen kembali unjuk kemampuan dalam sebuah ajang kompetisi tingkat jawa timur. Kali ini mereka tampil dalam sebuah perlombaan Bahasa Inggris yang digelar East Java English Club (EJEC). Ini baru pertama kalinya siswa SMK Cendika Bangsa ikut lomba EJEC.

Tapi hebatnya mereka berada di rangking lima besar dalam deretan para juara bertahan. Ini menjadi bukti bahwa siswa SMK Cendika Bangsa semakin kompetitif. Mental mereka makin terasah di tengah atmosfer kompetisi pelajar tingkat provinsi dan nasional.

Baca Juga :  SMP Insan Amanah, Terapkan Kurikulum Terintegrasi Soft Skill, Hard Skill dan Hybrid Skill

Guru Pembina Lomba SMK Cendika Bangsa Mila Kholifah, S.Pd merasa bersyukur atas pencapaian tersebut. Terlebih anak didiknya baru pertama bergabung dalam EJEC. Dan persiapannya pun hanya dua minggu. Dan para siswa yang tergabung dalam tim ini belajar secara otodidak. “Anak-anak kami termasuk yang pertama kali ikut EJEC. Kami bersyukur mereka bisa lolos dan sejajar dengan para juara bertahan yang mayoritas dari sekolah negeri,” katanya.

Pada ajang lomba EJEC kali ini siswa SMK Cendika Bangsa ikut di kategori dance. Satu tim terdiri dari tujuh siswa. Mereka adalah Mohamad Heriswang, Muhammad Farid, Mohammad Azizul, Muhammad Asrul, Feriansyah Hattah, Rian Pramuja dan Muhammad Taufik.

Baca Juga :  Raih Lima Emas, Rangking Kedua PIMNAS 2020

Teknis lombanya dengan mengirimkan rekaman video. Tim SMK Cendika Bangsa memilih traditional dance, yakni Tari Indang. Tarian ini mengandung beberapa elemen pendukung yang bernafaskan suatu budaya islam. Durasi waktunya sekitar lima menit. “Take video dibantu oleh tim CB advertising. Lalu dikumpulkan ke panitia,” ujar Mila.

Guru Bahasa Inggris ini menjelaskan lomba Dance EJEC tidak hanya menampilkan tarian. Sebelum menari siswa menjelaskan narasi tari terlebih dulu dengan menggunakan Bahasa Inggris. Yang bertugas pada narasi ini adalah Muhammad Farid.

Baca Juga :  Parenting SMP Islam Sabililah Malang, Bangun Pola Komunikasi Efektif ke Anak

Seperti diketahui sebelumnya, EJEC bekerjasama dengan SMKN 6 Malang menggelar lomba Bahasa Inggris beberapa waktu yang lalu. Lomba ini diikuti lebih dari 60 SMK Negeri dan Swasta. Karya lomba yang terkumpul sebanyak 206 video. Hanya 30 yang masuk juara dari lima kategori lomba. Yaitu story telling, speech, tourism vlog, dance dan singing. (imm)