SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School, Tiga Bulan Borong Belasan Medali Sains

SERIUS: Siswa-siswi Olim SMA Islam Sabilillah Malang mendapat penguatan berupa motivasi secara virtual dari guru di sela latihan

MALANG, NewMalangPos – Dalam tiga bulan saja belasan medali dan piagam sudah bertengger di SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School (SMAIS). Mulai medali emas, perak dan perunggu. Rentetan prestasi telah diukir siswa-siswi SMAIS di berbagai bidang. Yang terbaru olimpiade dari berbagai ajang perlombaan.

Yakni Kompetisi Sains Indonesia, Liga Olimpiade Pelajar Indonesia, Madrasah Sains Competition dan Olimpiade SBMPTN. Total ada 14 juara yang diraih dari ajang perlombaan sejak Bulan Januari 2021.

Artinya pandemi tak membuat semangat siswa-siswi SMAIS redup. Jiwa kompetisi mereka tetap berkobar. Ada banyak peluang untuk hebat. Dan itu mereka maksimalkan. Salah satunya dengan memompa diri di ajang kompetisi.

Meskipun dilaksanakan secara daring, semua kesempatan itu dimanfaatkan. Minimal untuk mengetahui kemampuan diri. Dan mendapat pengalaman yang berharga dari sebuah perlombaan.

Itu yang dikatakan Nurul Trisnawati, S.Pd, Koordinator Guru Olimpiade SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School. Motivasi tak pernah berhenti disampaikan pada anak didiknya. Yang paling utama kemauan dan kesungguhan untuk maju. “Yang pertama adalah pengalaman bagi anak-anak. Bahwa diluar sana ada banyak persaingan yang harus mereka hadapi. Minimal mereka rasakan saat menjadi siswa. Sehingga saat lulus sudah tangguh dan berdaya saing,” katanya.

Baca Juga :  Edukasi Kesiapan Belajar Luring ke Orang Tua

Prestasi yang diraih itu tak lepas dari kesungguhan siswa-siswi sendiri. Guru hanya memberikan pendampingan agar siswa SMAIS hebat dan mandiri.

Dan sebagai guru pembina olimpiade tentu banyak upaya yang dilakukan. Gagasan strategis dimunculkan agar mendapat cara-cara kreatif dan inovatif dalam membina siswa. Tujuannya tidak lain agar siswa SMAIS terus berprestasi. 

Dari upaya itu membuahkan hasil yang membanggakan. Prestasi siswa SMAIS terus meningkat di berbagai bidang. Khususnya di bidang matematika, fisika, kimia, geografi dan lain sebagainya. “Tentu ini menjadi kebanggaan kita semua,” kata Nurul.

Dan saat ini pun, beberapa siswa sedang mempersiapkan babak final POSI Got Talent. Mereka meraih medali emas di babak penyisihan dengan nilai yang sangat memuaskan. Yakni di bidang matematika dan fisika.  “Alhamdulillah ada dua siswa kita yang lolos final. Semuanya medali emas dengan nilai babak penyisihan yang bagus. Kini mereka sedang kami siapkan untuk babak final pada tanggal 21 Maret mendatang,” ungkapnya.

Baca Juga :  ITN Malang Buka Prodi Bisnis Digital, Cetak Entrepreneur Hebat Era Teknologi

Untuk menghadapi babak final, para siswa digembleng dengan banyak latihan soal. Pembinaan pun dilaksanakan lebih intensif. “Semoga dengan berbagai ikhtiar dan doa yang kita lakukan anak-anak bisa mencapai yang terbaik dan menjadi juara,” harap Nurul.

Biasanya guru pembina olimpiade melakukan drilling soal yang variatif. Itu dilakukan sekaligus sebagai persiapan siswa menghadapi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Di sela pembinaan itu, ada building motivation. Guru memberikan motivasi guna menjaga semangat siswa dalam berlatih. “Yang penting prosesnya maksimal.  Hasilnya kita berpasrah kepada Allah,” ungkapnya. 

Baca Juga :  Berpotensi Bahaya, Nadiem Himbau Agar Anak Dengan Orang Tua Komorbid Tetap Lakukan Pembelajaran Jarak Jauh

Setiap awal tahun pembelajaran, SMAIS melakukan penjaringan untuk mewadahi siswa-siswi berbakat dan punya talenta di bidang sains dan matematika. Penjaringan itu melalui sebuah ajang kompetisi yang dilaksanakan internal di lingkungan Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA). Namanya Olimpiade Sains Sabilillah (OSS). 

Para siswa yang terjaring dalam olimpiade ini selanjutnya mendapat pembinaan yang lebih serius. Mereka menjadi kader yang siap berkompetisi di luar Sabilillah.

Itulah sebabnya siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School selalu berjaya di berbagai ajang lomba. Dan menjadi peserta yang disegani dan diperhitungkan dalam kontes kompetisi apapun.

Dan saat ini, SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School masih membuka peluang bagi lulusan SMP/MTs tahun ini untuk bergabung. Untuk menjadi generasi muslim yang hebat, berkarakter dengan kemampuan abad 21 yang unggul. Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dibuka secara online di www.sekolahsabilillah.sch.id. (imm/sir)