Sidak Perkantoran, Pastikan Pelayanan Berjalan Normal

3
sidak
Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto mendatangi Kantor Bapenda untuk mengecek pelayanan kepada masyarakat. (NMP-Ira Ravika)

MALANG, NewMalangPos – Hari pertama Ramadan, Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto langsung mendatangi kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Selasa (14/4) pagi. Inspeksi mendadak yang dilakukan Didik, untuk memastikan pelayanan tetap berjalan normal.

“Kedatangan saya bukan Sidak, hanya sekadar pengenalan saja. Sekaligus melihat langsung pelayanan di Kantor Bapenda,” kata Didik Gatot Subroto.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang ini mengatakan, bahwa kondisi sekarang ini masih kurang kondusif. Selain pandemi Covid-19 yang belum berakhir, peristiwa gempa bumi yang terjadi Sabtu (10/4) lalu masih masih menjadikan trauma. Apalagi gempa bumi itu mengakibatkan dampak luar biasa.

Namun meski demikian, Didik memastikan bahwa kantor pelayanan harus tetap berjalan normal. Pelayanan kepada masyarakat harus tetap diberikan. Sekalipun sedang berpuasa, pegawai di Bapenda harus memberikan pelayanan maksimal.

“Saya ingin tahu proses pelayanan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan)

seperti apa. Karena suara di luar sangat sumbang, namun setelah saya mengecek langsung ternyata apa yang telah dilakukan Pemkab Malang sudah bagus, tidak sama dengan suara di luar,” terangnya.

Didik mengatakan Kantor Bapenda bukan satu-satunya yang didatanginya. Sejak dilantik, dia sudah mendatangi beberapa kantor. “Selain untuk mengetahui tugas dan pelayanan, sekaligus supaya bisa terbentuk ikatan emosional tersendiri demi mendongkrak kinerja pegawai,” ujarnya.

Ketika ditanya tentang pelayanan publik di Kabupaten Malang, Didik menjawab, saat ini sudah membaik. Salah satu yang  terlihat adalah pelayanan pembayaran PPHTB, membayar pajak dan lain-lain di kantor Bapenda.

“Untuk layanan dasar, sudah sangat baik dan dilakukan sesuai dengan porsinya. Perubahan pelayanan yang cukup baik ini, nanti akan saya laporkan ke Bupati,” tandasnya.(ira/agp)