Sidak Pasar, TPID Kota Batu Temukan Harga Sembako Naik

5
SIDAK: TPID Kota Batu melakukan operasi pasar di Pasar Besar Kota Batu Kamis (15/4) pagi.( NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

KOTA BATU, NewMalangPos – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu menggelar sidak bahan sembako di Pasar Besar Kota Batu Kamis (15/4) pagi. Hasilnya TPID Kota Batu menemukan beberapa harga sembako naik.

Beberapa sembako naik di antaranya, daging sapi menjadi Rp 115.000 dari harga normal Rp 110.000 ribu, naik Rp 5000 ribu per Kg. Minyak goreng dari Rp 25 ribu menjadi Rp 28 ribu per liter atau naik Rp 3000. Tiap merek kenaikan dan harga juga berbeda.

Selanjutnya cabai merah besar dari Rp 48 ribu mejadi Rp 50 ribu per Kg, naik Rp 2000 per Kg. Telor dari Rp 21 ribu per Kg mejadi Rp 24 ribu per Kg atau naik Rp 2.500. Sedangkan beberapa bahan pokok lainnya masih stabil. Begitu juga dengan ketersediaan bahan baku selama tiga bulan kedepan dipastikan aman.

Wakil Ketua TPID Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M mengatakan bahwa operasi pasar yang digelar bersama TPID Kota Batu bertujuan untuk memastikan harga dan ketersediaan sembako tetap terjaga. Khususnya selama bulan Ramadan.

“Dari hasil sidak atau operasi pasar di Pasar Besar Kota Batu bersama tim, kami menemukan kenaikan harga untuk sembako. Kendati tetap ada kenaikan, tapi masih dalam batas wajar,” ujar Punjul kepada New Malang Pos usai melakukan operasi pasar.

Selain pasar besar, pihaknya bersama Kapolres Batu juga meninjau gudang distribus sembako di area pasar besar. Sidak tersebut untuk memastikan agar tidak ada oknum yang menimbun dan memainkan harga. (eri/ley)