Sidak Pasar dan Mall, Stok Sembako Masih Aman

sidak mall
Wali Kota Batu Dra. Dewanti Rumpoko M.Si bersama Forkopimda dan Satgas Pangan melakukan sidak di Pasar Besar dan Lippo Plaza Batu. (NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

KOTA BATU, NewMalangPos – Wali Kota Batu Dra. Dewanti Rumpoko M.Si bersama Forkopimda dan Satgas Pangan melakukan sidak di Pasar Besar dan Lippo Plaza Batu, Rabu (5/5).

Sidak dilakukan untuk memastikan harga kebutuhan dan ketersediaan bahan pangan atau sembako di lapak dan kios para pedagang.

Dari hasil sidak di Pasar Besar Batu, Dewanti memastikan harga dan ketersedian bahan pangan masih stabil untuk bulan Mei. Begitu juga untuk Lippo Plaza Batu pihaknya memastikan bahan pangan aman dan masih layak dikonsumsi sesuai masa kadaluarsanya.

“Harga dan stok sembako masih aman. Mayoritas komoditi tidak ada kenaikan harga. Adapun kenaikan dan penurunan harga masih batas wajar. Begitu juga di Lippo Plaza Batu yang menjaga masa kadaluarsanya,” ujar Dewanti kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  This Too Shall Pass jadi Semangat Aston Inn Batu Arungi Usia Ketiga

Dari data sidak, untuk beberapa komoditi yang mengalami kenaikan tinggi terjadi pada harga cabe rawit dari Rp 44 ribu menjadi Rp 48 ribu per kilogram. Daging sapi dari Rp 110.500 menjadi Rp 115.000 per kilogram dan bawang merah dari Rp 24 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Sedangkan yang mengalami penurunan diantara minyak goreng dari Rp 15 ribu menjadi Rp 14 ribu per liter. Kemudian daging ayam yang saat awal puasa seharga Rp 40 ribu, kini turun jadi Rp 35-38 ribu per kilogram.

Baca Juga :  Daya Tampung SMA/SMK se-Jatim Hanya 37 Persen dari Total Kelulusan SMP

Saat ditanya apakah ada ada intervensi harga akan dilakukan jika ada kenaikan di sejumlah bahan sembako. Pemkot batu bakal menggelar pasar murah.

“Ketika harga naik akan dilakukan operasi pasar murah. Untuk menjaga harga tetap stabil kami bersama TPID akan berkoordinasi dengan lintas daerah untuk saling memenuhi kebutuhan sembako,” terangnya.

Begitu juga untuk Lippo Plaza Batu, pihaknya memastikan produk makanan yang dijual terjaga kualitas dan masa kadaluarsanya. Mengingat menjelang lebaran juga banyak masyarakat yang akan berbelanja kebutuhan di Lippo Plaza Batu.

“Selain sidak pasar dan mall untuk memastikan kebutuhan pokok tetap normal. Baik harga dan pasokan. Kami juga memastikan dan mensosialisasikan agar pengunjung dan pelaku usaha menerapkan prokes,” tegasnya.

Baca Juga :  Komnas Perlindungan Anak Laporkan Dugaan Kekerasan Seksual pada 15 Siswa Sekolah SPI Kota Batu

Sementara itu, Mall Director Lippo Plaza Batu Suwanto menyampaikan bahwa menjelang lebaran, pihaknya memastikan stok kebutuhan sembako dan lainnya tersedia di Lippo Plaza Batu. Begitu juga untuk kepastian masa kadaluarsa produk makanan yang dijual.

“Kami berterima kasih atas sidak yang dilakukan Bu Wali untuk memastikan produk yang kami jual aman bagi masyarakat. Kami juga pastikan selama pandemi Covid-19 kami telah menerapkan protokol kesehatan ketat bagi pengunjung dan juga karyawan,” paparnya.

Bahkan pihaknya pastikan seluruh karyawan telah mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung. (eri/jon)