Sertijab Rektor UIN; Terima Kasih Prof Haris, Selamat Bekerja Prof Zainuddin

Serah terima jabatan rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang digelar secara daring pada Jumat (30/7).(Ipunk Purwanto/NMP)

MALANG, NewMalangPos – Serah terima jabatan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang digelar secara daring pada Jumat (30/7). Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA menjabat sebagai rektor periode 2021-2025, menggantikan rektor sebelumnya Prof. Dr. H. Abd. Haris, M.Ag.

Dalam sambutannya Prof. Dr. H. Abd. Haris, M.Ag berharap rektor baru dapat membawa kemajuan, lebih baik dan sesuai dengan harapan sivitas akademika. Mampu membawa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang lebih bagus dari sisi akademik maupun non akademik terutama hal-hal yang berkaitan dengan moralitas, akhlakul karimah dan budi pekerti.

“Saya mohon kepada dosen dan semuanya, saya sudah bekerja maksimal tetapi tidak bisa memenuhi seluruhnya harapan dan keinginan. Apabila dalam pergaulan baik di kantor maupun di luar kantor ada hal tidak berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” ungkap Prof. Haris.

Baca Juga :  SMA Katolik St. Albertus (Dempo) Ada Kenduri, Ajarkan Siswa Bersyukur

Lebih dari itu mantan rektor yang menjabat mulai 2017 sampai 2021 ini menilai pergantian jabatan merupakan sistem yang lumrah terjadi. Sehingga harus disikapi dengan biasa dan tidak perlu dirisaukan. Ia meminta kegiatan tetap berjalan secara normal sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Sementara dalam momen bersejarah tersebut, Prof. Dr. H. M Zainuddin, MA mengucapkan terima kasih atas jerih payah rektor terdahulu dan tim dalam membawa kemajuan kampus dengan dicapainya berbagai prestasi baik nasional maupun internasional.

“Saya dipercaya oleh Kemenag RI melanjutkan kepemimpinan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, tentu ini bukan sesuatu yang mudah dan ringan karena ini amanah yang mesti diemban dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujar Prof. Zainuddin.

Baca Juga :  Rektor ITN Wafat, Pemerintah Kota Malang Sangat Kehilangan

Kepemimpinan Prof Zainuddin merupakan periode ketiga dalam menjadikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai perguruan tinggi yang diakui reputasinya secara internasional. Periode 2021-2025 adalah periode yang tidak ringan dan mudah apalagi di masa pandemi Covid-19 perlu kerja keras. Diperlukan sinergi dan menjaga kohesivitas dengan semua pihak.

“Seorang pemimpin tidak akan bisa bekerja sendiri tetapi harus didukung dan dicintai oleh jajaran dan koleganya. Semua memiliki peran untuk mengembangkan dan memajukan lembaga ini,” ujar mantan Wakil Rektor 1 UIN Maliki Bidang Akademik ini.

Baca Juga :  PPKMB Unmer Tumbuhkan Karakter Ksatria Bhirawa Anoraga Maba

Prosesi serah terima jabatan rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berlangsung singkat secara daring. Kegiatan dihadiri oleh Prof. Dr. H. M Zainuddin, MA dan Prof. Dr. H. Abd. Haris, M.Ag dari rumah masing-masing serta wakil rektor, dosen dan pegawai di Rektorat lantai 1 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (lin/imm/ley)

Pilihan Pembaca