Sempat Ramai di Medsos, Polresta Makota Imbau MFW 2021 Taat Prokes

Kabag Ops Polresta Makota Kompol Supiyan memberikan penjelasan atas informasi pembubaran kegiatan MFW 2021 di Lobi Mapolresta Makota Sabtu (23/10). (NMP - M. REXY QOLBI A)

MALANG, NEW MALANG POS- Polresta Malang Kota memberikan keterangan usai kedatangannya di Malang Fashion Week (MFW) 2021, yang digelar di Transmart MX Mall Jumat (22/10) malam. Acara tersebut diketahui sempat ramai di media sosial, lantaran melanggar batas jam malam dalam pelaksanaan PPKM di Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengonfirmasi bahwa sebetulnya tidak ada pembubaran pada gelaran MFW 2021. Saat itu memang terjadi sedikit keterlambatan di awal kegiatan sehingga menyebabkan acara mundur beberapa menit.

“Memang setiap malam khususnya di akhir pekan kami melakukan patroli Power On Hand (POH). Patroli ini kami gelar untuk memberikan imbauan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes). Dan juga menyasar berbagai wilayah di Kota Malang khususnya di tempat umum,” ungkapnya Sabtu (23/10).

Baca Juga :  Razia Pasar Comboran, Banyak Tak Bermasker

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Makota Kompol Supiyan menjelaskan, bahwasanya ada kesalahpahaman atas kedatangan petugas kepolisian pada gelaran MFW 2021. Dirinya menegaskan dalam kegiatan tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kota Malang, dan dalam pelaksanaanya juga sudah menerapkan prokes.

“Jadi kami saat itu patroli seperti biasa dan memang melakukan pengecekan kegiatan MFW 2021, agar tidak sampai melanggar aturan PPKM,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau agar tetap ketat dan selektif terhadap pengunjung kegiatan agar tetap mematuhi prokes. Pihak penyelenggara juga sudah berkomunikasi dengan Sat Intelkam Polresta Makota terkait pelaksanaan kegiatan ini.

“Jadi kami sudah berkoordinasi kami imbau, agar lebih ketat lagi dalam pelaksanaan prokes. Sat Intelkam Polresta Makota juga sudah memanggil penyelenggara untuk memberikan keterangan dan berkoordinasi,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemkot Perbaiki 109 Titik Jalan Rusak

Supiyan juga menegaskan secara keseluruhan kegiatan sudah menerapkan sesuai dengan Inmendagri No 53 Tahun 2021 dan SE Wali Kota Malang No 62 Tahun 2021. Sehingga petugas hanya menegaskan dan mengimbau agar panitia penyelenggara tidak sampai lengah dan lalai dalam pelaksanaan prokes.

MFW 2021 telah dijadwalkan untuk digelar selama tiga hari pada 22-24 Oktober 2021. Dengan ini sesuai dengan aturan yang ada, dalam penindakan dan penegakan peraturan daerah dilaksanakan oleh Satpol PP Kota Malang.

“Karena kegiatan masih berlangsung, panitia telah menyanggupi agar kejadian kemarin malam tidak terulang kembali. Dan untuk memastikan pelaksanaan prokes selama kegiatan berlangsung, Satpol PP Kota Malang akan mengamankan kegiatan dibantu dengan personel Polresta Malang Kota,” tegas Supiyan.

Sementara itu Ketua Panitia MFW 2021 Agus Sunandar menyampaikan, memang sempat ada kesalahpahaman. Pasalnya dirinya sudah berkomunikasi dengan petugas kepolisian karena ada satu acara yang mundur.

Baca Juga :  Warga RW 10 Bunulrejo Optimalkan Urban Farming

“Jadi memang kami sudah diingatkan, karena ada acara yang mundur yaitu Fashion Show dari bintang tamu Ivan Gunawan. Kami minta untuk diberikan waktu dan sekitar pukul 21.15 acara sudah selesai dan tinggal beres-beres saja,” ujarnya.

Dirinya juga sudah berkomitmen kepada petugas agar kegiatan tersebut bisa digelar sesuai peraturan yang ada. Dan juga tetap tegas dalam melaksanakan prokes sesuai aturan yang ada dan arahan dari Satgas Covid-19 Kota Malang.

“Kami minta maaf sebelumnya karena sudah membuat keresahan. Kami berkomitmen bahwa selama pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi prokes, membatasi pengunjung, menjaga jarak dan tidak menimbulkan kerumunan,” pungkasnya. (rex/jon/nmp)

artikel Pilihan