BTS Raup Rp1,13 T Penjualan Sepekan Album BE (Deluxe Edition)

NEW MALANG POS – BTS dan penggemarnya yang kerap disapa ARMY kembali menunjukkan hal yang mengagumkan. Dalam satu pekan, album terbaru BTS, BE (Deluxe Edition), telah terjual 2.274. 882 kopi. Angka itu berdasarkan data Hanteo Chart dalam periode 20-26 November 2020.

Hanteo Chart adalah layanan chart yang menunjukkan jumlah penjualan album dan lagu secara realtime. Perusahaan induk dari Hanteo Global itu memberikan daftar musik dengan sistem mandiri selama 25 tahun terakhir. Hanteo Chart selama ini juga menjadi daftar yang dipercaya penggemar K-pop dan agensi.

Capaian tersebut membuat BE menjadi album terlaris kedua BTS dalam satu pekan penjualan, setelah Map of the Soul: 7 yang terjual 3.378.633 kopi dalam 7 hari.

Meski tidak melampaui penjualan album sebelumnya, capaian BE dinilai baik sebab album tersebut hanya memiliki satu versi. Tak hanya itu, BE (Deluxe Edition) juga lebih mahal dibandingkan album-album sebelumnya.

Satu album BE (Deluxe Edition) di Indonesia dijual dengan kisaran harga Rp600 ribu-Rp740 ribu. Sementara itu, album Map of the Soul: 7 di Indonesia dijual sekitar Rp325 ribu-Rp340 ribu.

Seperti dilansir Sports Today, BTS diperkirakan bakal meraup 89 miliar won atau sekitar Rp1,13 triliun (1 won=Rp12,74) dari penjualan album BE (Deluxe Edition) dalam satu pekan pertama.

BE (Deluxe Edition) album kedelapan BTS. Sebelumnya, BTS telah merilis empat album berbahasa Korea dan tiga album berbahasa Jepang. Pada Februari lalu, mereka juga merilis album Map of the Soul: 7 yang terjual 4.265.617 kopi berdasarkan data Gaon.

Sejak dirilis 20 November, Album terbaru BTS, BE, berhasil merajai tangga musik iTunes di 90 negara. Kesuksesan BTS di tangga musik ini turut menguasai dua pasar musik besar di dunia yakni Amerika Serikat dan Inggris.

Tidak hanya itu, lagu utama dari album ini yang bertajuk Life Goes On pun sukses merajai tangga musik iTunes di 90 negara.

Big Hit mengungkapkan bahwa album BE merupakan cerminan jujur emosi dan perasaan yang kompleks dari para member dalam menghadapi pandemi Covid-19. Album ini berisikan perasaan takut, merasa tak berdaya, dan tidak nyaman.

Kendati demikian, BTS tak lupa memberikan perasaan bahwa semua masa sulit bisa dihadapi. Hasil perenungan keberadaan diri dari para member juga menjadi inspirasi pembuatan album BE.

CNN Indonesia mengabarkan, album ini berisikan delapan lagu, termasuk Dynamite yang telah dirilis lebih dulu beberapa waktu lalu dan sukses di pasaran.

Di sisi lain, BTS juga resmi masuk nominasi Grammy Awards 2021 melalui single berbahasa Inggris penuh pencetak sejarah, Dynamite.(chri/bac)