Selam Sparing Bareng, Uji Limit Waktu

2

MALANG, NewMalangPos – Atlet-atlet selam dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Sidoarjo melakukan sparing atau latih tanding di Kolam Renang Arhanud, Karangploso. Sparing bertajuk Trial Test Friendship Finswimming ini bertujuan untuk menguji limit waktu para atlet di kompetisi selam terakhir yang mereka ikuti.

“Alhamdulillah akhirnya ada sparing seperti ini. Mereka jadi bisa menguji limit waktu mereka. Untuk limit waktunya itu diambil berdasarkan best time mereka di lomba terakhir,” kata pelatih selam POSSI Kota Malang Tri Andani kepada New Malang Pos.

Kendati diberikan target, tidak semua atlet berhasil memecahkan limit best time yang mereka miliki. Masih ada beberapa atlet yang belum bisa mencapai best time terakhir mereka. Namun, pelatih yang akrab disapa Aan itu tidak ambil pusing dengan hal itu. Menurutnya, masih ada perasaan gugup dari atlet karena sudah lama tidak bertanding seperti itu.

“Secara keseluruhan saya puas. Apalagi sudah lama tidak bertanding, jadi bagus kalau ada sparing kayak begini. Soalnya sprint saat di latihan itu beda. Dengan adanya sparing ini, mereka bisa baca limit waktunya, mereka juga punya pandangan harus seperti apa sebelum Porprov 2022,” ujar Aan.

Sparing yang hanya berlangsung selama satu hari itu diikuti total 104 atlet dari empat daerah. Tidak semua nomor selam dipertandingkan. Di kelas monofin dan bi-fin, nomor yang dipertandingkan hanya jarak dekat, yaitu 50m, 100m, dan 200m. Selain itu, ada pula kelas apnea, yaitu menyelam dengan menahan napas. Karena ini sparing, rentang umur atlet yang turun bervariasi, sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing daerah.

“Sparing kemarin tidak dibatasi umur. Kota Batu itu menurunkan anak yang besar dan kecil. Sedangkan daerah lain kebanyakan anak yang sudah besar,” ucap Aan.

Dia menjelaskan untuk Kota Malang sendiri, atlet termuda yang turun di sparing itu merupakan atlet kelahiran 2008. Sedangkan atlet yang paling besar merupakan kelahiran 1996.

Menurut Aan, POSSI Kota Batu yang mulanya menawarkan untuk sparing dengan Malang Raya. Daerah lainnya juga diajak, walaupun hanya POSSI Kabupaten Sidoarjo saja yang menyanggupi tawaran sparing tersebut. (abr/ley)