Segera, Mensos Risma Terbitkan 2.000 KK Bagi Suku Anak Dalam

Mensos Risma menyatakan kartu keluarga (KK) diperlukan agar Suku Anak Dalam masuk ke daftar penerima bantuan sosial (bansos). (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/CNN Indonesia).

Jakarta, NewMalangPos— Pemerintah akan menerbitkan sekitar 2.000 dokumen kependudukan berupa kartu keluarga untuk Suku Anak Dalam. Hal ini dikatakan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, sebab dokumen kependudukan itu perlu agar mereka masuk dalam daftar penerima bantuan sosial (bansos).

“Insyaallah bulan ini, kami sudah bisa cairkan kurang lebih 2.000 KK di suku anak dalam,” kata Risma di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (21/3).

Risma mengatakan, sejatinya, sampai saat ini pihaknya bersama dengan Kementerian Dalam Negeri telah melakukan 3.000 perekaman data untuk suku anak dalam. Namun, pihaknya masih menemui sejumlah kendala dalam melakukan perekaman.

Baca Juga :  Meski Renovasi Rampung, Masjid Istiqlal Belum Gelar Salat Jumat Hari Ini

“Sebetulnya sudah 3.000 perekaman, tapi mungkin karena mereka mutar ya, nomaden jadi ada double, ganda (data) dan sebagainya,” tutur Risma.

Menurut Risma, nantinya Kemensos bakal langsung menyerahkan bantuan sosial untuk 2.000 warga suku anak dalam yang telah mendapatkan dokumen kependudukan.

“Jadi 2.000 lebih yang itu akan kami turunkan bantuannya di bulan Maret ini dan itu double sama bulan April, enggak apa-apa, kami akan majukan yang bulan April,” jelasnya.

Kemensos sebelumnya memiliki program yang membantu warga yang tergabung di Komunitas Adat Terpencil (KAT) memperoleh data kependudukan, untuk mempermudah penerimaan bantuan sosial atau bansos. Pada Juli 2020, Mensos kala itu Juliari P Batubara mengatakan lewat program KAT tersebut Kemensos akan memberikan dukungan terkait persoalan administrasi kependudukan bagi warga yang tinggal di pedalaman.

Baca Juga :  Proses Pelantikan Terapkan Prokes Ketat, Terlantik Dibatasi Hanya 6 Orang

Administrasi yang dimaksud adalah pengurusan administrasi kependudukan adalah e-KTP dan Kartu Keluarga (KK). (dmi/sfr/cnni/ley/nmp)