SD Muhammadiyah 4 Malang, Sukses Pertahankan Juara Umum Macofest 2021

2
BANGGA: Kepala SD Muhammadiyah 4 Malang Hana Ayudah, M.Pd bersama para siswa berprestasi dan guru-guru dari MTs Muhammadiyah 1 dalam kesempatan penganugerahan penghargaan. (FOTO: IMAM/NMP)

MALANG, NewMalangPos – Siswa-siswi SD Muhammadiyah 4 Malang kembali menunjukkan kehebatan mereka dalam sebuah ajang kompetisi. Mereka kembali sukses meraih juara umum dalam ajang lomba Matsamutu Competition and Festival (Macofest), tingkat Jawa Timur. Terhitung ada 11 siswa yang berhasil menjadi juara pada beberapa bidang perlombaan.

Rizki Kadaffi al-Fajri juara I Lomba MIPA, Clearesta Alzam Choiryan Juara I Lomba Ranking 1, Aisyah Peravasa Effendy Juara II Kategori Lomba Ranking 1,  Nisa Aaliya Ahmad Juara II Lomba Menyanyi, Khairunnisa Nahwa Jinani Juara I Lomba Puisi dan Aqila Fatiha Nasya Juara III Lomba Pidato.

Selain itu ada Haikal Arrayyan Pradipta Juara II Lomba Video Kreatif, Dzakiyah Fitri Rafifah Yundari Harapan I Haikal Arrayyan Pradipta, Cyra Azalia Aufaa Harapan II Lomba Tahfidz, Muhammad Razqa Anargya Juara harapan 3 Lomba mewarnai Kategori A dan Laquune Alodi Dewi Juara harapan 3 lomba mewarna kategori B .

Kepala SD Muhammadiyah 4 Malang Hana Ayudah, M.Pd bersyukur akan pencapain anak didiknya dalam mempertahankan gelar Juara Umum Macofest 2021. Perjuangan mempertahankan gelar juara lebih sulit daripada meraih untuk pertama kalinya.

Ia mengatakan bahwa  kesuksesan tersebut tidak lepas dari bimbingan bapak ibu guru, usaha siswa serta doa orang tua. “saya sendiri tidak banyak yang diperbuat. Semua berkat guru-guru yang bekerja keras membina anak-anak selama ini. Alhamdulillah anak-anak bisa kembali menjadi juara umum,” ucapnya.

Hana selalu memberikan motivasi kepada anak didiknya dengan karakter kejujuran, tekun dan pantang menyerah. Nilai-nilai tersebut terus ditumbuhkan dan diperkuat terutama saat menjelang perlombaan. “Kami berikan motivasi agar anak-anak tidak boleh putus asa. Karena mereka adalah anak-anak terbaik dari yang terbaik sehingga bisa mewakili sekolah dalam perlombaan,” ujarnya.

Guru pembina lomba, Ahmad Afwan Yazid mengatakan pembinaan siswa selama ini dilakukan secara intensif secara virtual. Dalam seminggu bisa sampai tiga kali pembinaan. Untuk penguatan sesekali siswa dihadirkan ke sekolah dengan izin dan pendampingan orang tua. Selanjutnya guru memberikan tugas agar siswa mengerjakannya di rumah.

Untuk hasil yang maksimal orang tua juga dilibatkan, untuk membantu kami memonitor anak-anak mereka di rumah. “Jadi peran orang tua sangat besar dalam mengantarkan anak-anak sukses berprestasi di masa pandemi. Mereka ikut membantu memantau tugas-tugas yang kami berikan pada anak-anak,” ujarnya.  

Yazid menjelaskan bimbingan dilakukan sejak jauh-jauh hari. Guru melakukan pemetaan kepada para siswa sesuai dengan bidang bakat yang dimiliki. Baik bidang sains, agama maupun seni kreatifitas. “Dari situ kami melakukan penguatan pada anak-anak, untuk selanjutnya kami delegasikan ke beberapa ajang perlombaan,” terangnya.

Tahun lalu SD Muhammadiyah 4 Malang juga meraih gelar Juara Umum Macofest . Di kompetisi yang digelar oleh MTs Muhammadiyah 1 Malang ini, siswa SD Mupat bersaing dengan 44 sekolah dengan total peserta 1.200 siswa. Bahkan pada saat itu banyak sekolah yang mengirim siswanya yang kelas 6. Sedangkan SD Muhammadiyah 4 Malang mengirimkan delegasi kelas 5 ke bawah. (imm/adv)