Sanusi-Didik Tanpa Libur

43
new malang pos
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Malang. (NMP-hary Santoso)

Hari Ini Pimpin Kerja Bakti Perbaiki Jalan

NewMalangPos– Bupati Malang HM Sanusi dan Wabup Didik Gatot Subroto langsung gas poll setelah dilantik, Jumat (26/2) kemarin di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Duet pemimpin Kabupaten Malang itu dijadwalkan memimpin kerja bakti, Sabtu (27/2) hari ini.

Sanusi memastikan ia memimpin langsung kerja bakti berupa menutup jalan berlubang di sepanjang jalan dari Bululawang hingga perbatasan Blitar. Ini merupakan aksi awal sekaligus komitmennya melakukan perbaikan infrastruktur.

“Infrastruktur ini penting. Seperti jalan contohnya, merupakan sarana transportasi utama. Dengan sarana transportasi yang mulus, dengan akses jalan yang bagus, maka masyarakat semakin mudah datang ke Kabupaten Malang. Karena itu kami akan kerja bakti besok (hari ini) menambal lubang di jalan,” kata Sanusi ditemui di kantor PDI Perjuangan Kabupaten Malang tadi malam. Dari kantor partai pemenang pemilu itu, Sanusi dan Didik berangkat ke Pendopo Pemkab Malang untu acara penyambutan. 

Akses jalan yang mulus dan mudah, lanjut Sanusi, diharapkan mampu menarik hati investor datang ke Kabupaten Malang. Ia kembali mengatakan, di tahun awal menjabat sebagai Bupati Malang salah satu fokus atau prioritasnya mendatangkan investor. Sehingga percepatan pembangunan dapat diwujudkan dan ekonomi serta kesejahteraan warga makin meningkat.

“Tol Pandaan-Malang sudah ada, tahun ini Kementerian PUPR menyetujui pembangunan Tol Malang-Kepanjen. Tol ini akan memudahkan transportasi. Termasuk akan terhubung sampai Jalan Lintas Selatan dan Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru dan hingga perbatasan Blitar. Ini akan memberikan kemudahan masyarakat dari luar datang, ” katanya.

Melalui jalan yang mulus tersebut Sanusi mengatakan selain bisa menarik investor, juga akan meningkatkan pariwisata. Karena dengan kemudahan transportasi, banyak wisatawan datang ke Kabupaten Malang.

“Pembangunan Jembatan Srigonco sudah selesai. Paling tidak Mei sudah bisa diresmikan dan ini akan memudahkan wisatawan datang,” ucap mantan Wakil Bupati Malang ini.

Program lain yang akan diwujudkan Sanusi mewujudkan peogram sambang wisata. Sambang wisata ini merupakan aplikasi dari program One Village One Destination yang sudah dikerjakan sejak tahun 2020 lalu. “Kegiatan sambang wisata ini akan dilakukan bisa satu minggu atau dua minggu sekali,” katanya.

Sambang wisata ini penting diterapkan untuk melihat potensi wisata di desa-desa.  Kegiatan ini juga akan dijadikan Sanusi untuk bertemu dan bersilahturahmi dengan warga.  “Saat sambang wisata ini kami menampung aspirasi warga. Dari aspirasi inilah nanti akan diketahui apa saja yang dibutuhkan warga,” tambahnya.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto mengatakan siap membantu kinerja Bupati Malang HM Sanusi. Sesuai tugas dan fungsinya, dia pun akan terus mendampingi Bupati Sanusi. 

“Salah satu fungsi kami sebagai wakil bupati Malang adalah memberikan masukan-masukkan kepada bapak bupati. Sementara untuk kebijakan itu menjadi  ranah bapak bupati, kami pun mendukung penuh kebijakan itu,” ungkapnya.

Sementara itu usai mengikuti kegiatan di DPC PDI Perjuangan, Sanusi dan Didik langsung menuju Pendopo Kantor Bupati Malang di Kepanjen. Kedatangan keduanya disambut meriah. Dihadiri seluruh kepala OPD dan perwakilan Camat seluruh Kabupaten Malang. Kepala seluruh kepala OPD, Sanusi meminta dukungan untuk bisa menjalankan tugasnya.

“Saya bupati dan wakil bupati mengucapkan terimakasih kepada semua pihak. Kehadiran bapak dan ibu menjadi motivasi motivasi kami, untuk menjalankan tugas ke depan,” ungkap Sanusi. Dia mengatakan setelah ini tidak ada lagi kata libur. Pihaknya mengaku langsung tancap gas.

“Karena banyak program yang harus dijalankan. Selain infrastruktur, investasi, kami juga fokus pada peningkatan bidang pertanian, dan pariwisata, juga peternakan,” tandasnya.

Meskipun banyak dihadiri undangan, namun kegiatan di Pendopo Kantor Bupati Malang tetap menerapkan protokol kesehatan. Bahkan sebelum masuk pendopo tamu undangan wajib mengikuti rapid antigen. Tidak terkecuali wartawan.

Sementara itu siang harinya di Pendopo Kantor Bupati Malang ini juga digelar kegiatan menyaksikan pengambilan sumpah dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Malang secara virtual yang digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya oleh Gubernur Jatim Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sejumlah pejabat yang hadir dalam kegiatan virtual di antaranya Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Dandim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra, Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang Sodikul Amin. Sejumlah pejabat pun hadir dalam kegiatan ini. (ira/van)