Sambutlah Head Coach Almeida!

Eduardo Filipe Arroja Almeida

MALANG – Pelatih asal Portugal Eduardo Almeida resmi menukangi Arema FC di musim 2021. Kepastian ini mengakhiri perburuan Singo Edan terhadap pelatih kepala baru, sejak Februari 2021 lalu.

Almeida sempat masuk radar manajemen sejak Maret 2021. Namun, manajemen baru memutuskan namanya di awal bulan Mei 2021.

Pengumuman pelatih kepala ini dirilis di akun Instagram resmi milik Arema FC @aremafcofficial (3/5). Unggahan yang dirilis sekitar pukul 16.00 WIB itu memuat video animasi pesan singkat antara General Manager Arema FC Ruddy Widodo dengan Eduardo Almeida.
“Sambutlah, head coach Arema FC 2021, Eduardo Fillipe Arroja Almeida,” tulis akun tersebut.

Terpilihnya Almeida sesuai dengan karakteristik target yang diincar manajemen. Sejak awal, Ruddy menyampaikan ingin mencari pelatih dengan gaya Amerika Latin. Wesley Gomes dan Sergio Farias merupakan dua nama asal Brasil. Ada juga Alfredo Vera yang berasal dari Argentina yang hampir pasti menangani Arema FC, namun gagal.

Baca Juga :  Ngutang Catut ER Bakal Dipolisikan

Selain itu, Ruddy juga menegaskan sang pelatih bisa berasal dari Eropa dengan gaya main mirip Amerika Latin, salah satunya Portugal. Hanya nama Eduardo Almeida yang mencuat dari karakteristik yang disebutkan.

Almeida menghentikan tren merekrut pelatih asal Amerika Latin di Arema FC. Carlos Oliveira dari Brasil menangani Arema FC selama kompetisi dihentikan (September 2020 – Februari 2021) dan Mario Gomez dari Argentina (Januari – Agustus 2020). Almeida sekaligus mengembalikan perekrutan pelatih asal Eropa di Arema FC yang sebelumnya diisi oleh Milomir Seslija dari Bosnia (Januari – Desember 2019) dan Milan Petrovic dari Serbia (Mei – Desember 2018).

Baca Juga :  Belasan Pasien Isoman Meninggal di Rumah

“Saya sangat senang mendapat tawaran dari Arema FC. Ini adalah keputusan besar dan juga tantangan besar bagi saya. Saya berjanji akan selalu memberikan yang terbaik. Tunggu saya di Malang. Salam satu jiwa. Terima kasih,” ucapnya melalui akun Instagram pribadinya @eduardo_almeida_coach.

Ruddy sudah sempat menyerahkan offering letter (surat penawaran) kepada Almeida pada Jumat (30/4). Tawaran itu pun disambut baik oleh pelatih berusia 43 tahun itu. Keputusan menetapkan Almeida sebagai pelatih baru pun terbilang cepat. Pasalnya, Ruddy semestinya masih perlu menunggu kepastian visa miliknya.

Baca Juga :  Sekarang Sanksi Sosial, Bulan Depan Denda

“Dia oke, langsung ditandatangani offer itu. Hari itu juga kami ajukan visa. Mudah-mudahan hari Senin atau Selasa keluar. Kalau sudah, kami siapkan tiket ke Indonesia,” kata Ruddy beberapa jam sebelum unggahan resmi tersebut dirilis, Senin (3/5).

Sebelum ada pengumuman resmi, Ruddy juga sudah menyusun jadwal keberangkatan untuk sang juru taktik. Dia merencanakan eks pelatih Semen Padang itu bisa tiba di Indonesia tanggal 11 Mei 2021. Kemudian Almeida akan menjalani karantina paling cepat lima hari di Jakarta.