Sambut Ramadhan, Takmir Dan Marbot di Surabaya Siap Divaksin

5
Foto: Gubernur Khofifah (Foto: Istimewa/Humas Pemprov Jatim)

Surabaya, NewMalangPos – Pemerintah provinsi Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa akan sediakan 2.000 dosis vaksin untuk para takmir dan marbot masjid yanag ada di wilayah kota Surabaya seraya menyambut bulan suci Ramadhan.

“Untuk sementara kita menyiapkan sebanyak 1.000 orang, sehingga kalau setiap orang dua dosis maka kita harus siapkan sebanyak 2.000 dosis,” ujar Gubernur Khofifah di Grahadi Surabaya, Sabtu (19/3).

Melansir dari Detik News, Sabtu (20/3), Khofifah juga menyampaikan akan menyelenggarakan vaksinasi takmir dan marbot masjid di dua tempat, dan akan dikoordinir oleh masjid dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

“Kita siapkan dua lokasi, di Masjid Al Akbar dan di kantor Gubernur di jalan Pahlawan Surabaya,” terang Khofifah.

Untuk waktunya, Mantan Mensos RI ini memastikan akan dimulai pada Senin (22/3) mendatang.

“Dimulai Senin depan, pada awal Ramadhan para takmir dan marbot yang berusia di bawah 60 tahun sudah terbentuk antibodi. Sedangkan untuk yang berusia di atas 60 tahun, baru pada pertengahan Ramadhan karena masa jeda dosis pertama dan kedua lebih lama yakni 28 hari,” ungkapnya.

“MUI juga sudah memberikan fatwa jika vaksinasi saat Ramadhan tidak membatalkan puasa. Namun jika masih ragu mereka minta dilaksanakan malam hari usai berbuka, kita juga siap melayani,” lanjutnya.

Pihaknya mengimbau agar Pemkab/Pemkot di Jatim bisa memfasilitasi takmir dan marbot untuk divaksin COVID-19. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan ibadah puasa khususnya salat tarawih bisa berjalan dengan aman. (iwd/iwd/dtk/mg3/ley/nmp)